alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KPK Minta Transparansi Pengelolaan Pajak Bahan Bakar Sulsel

Syachrul Arsyad
KPK Minta Transparansi Pengelolaan Pajak Bahan Bakar Sulsel
Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah (kedua kanan) bersama koordinator Supremasi Pencegahan (Korsubgah) KPK Wilayah VIII Dwi Aprilia Linda (tengah) saat meninjau Kawasan Stadion Mattoanging, Makassar. Foto: SINDOnews/Muctamir Zaide

MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menandatangani nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama dengan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) dan PT Pertamina di kantor Gubernur Sulsel, Senin (12/8/2019).

Kepala Bidang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel, Darmayani menjelaskan, penandatanganan ini untuk optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Khususnya menurut dia, di sektor penerimaan pajak pajak bahan kendaraan bermotor (PBBKB).

“Terkait optimalisasi pendapatan negara dan daerah," tutur Yani yang dikonfirmasi SINDOnews.



Diketahui selain Pemprov Sulsel, perjanjian kerja sama (PKS) ini juga dilakukan oleh Pemerintah Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Papua dan Papua Barat dengan pihak BPH Migas dan PT. Pertamina.

Agenda ini juga sebagai bagian rencana aksi KPK untuk mencegah terjadinya praktik korupsi dari sektor pajak bahan bakar minyak (BBM) yang bisa merugikan Pemprov Sulsel.

“Memang belum ada indikasi kesana, yang jelas untuk transparansi pengelolaan pajak dan peredaran BBM se-Sulawesi," tambah dia.

Kerja sama ini atas rekomendasi tim Koordinasi Supervisi Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). MoU ini bakal ditindaklanjuti dalam bentuk pertukaran data sebagai bahan pengawasan bersama terhadap distribusi dan penyaluran migas. Dengan harapan meminimalisir distribusi migas ilegal di lapangan.

Data yang dihimpun, capaian penerimaan Bapenda Sulsel di triwulan kedua sampai Juni 2019 khusus di sektor PBBKB sebesar Rp320 miliar, atau mencapai 47,15 persen dari target Rp680 miliar. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada periode yang sama, realisasi PBBKB mencapai Rp601 miliar.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif