alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jangan Sepelekan, Penyakit Biasa Ini Ternyata Sangat Menular

Sri S Syam
Jangan Sepelekan, Penyakit Biasa Ini Ternyata Sangat Menular
Penyakit yang sering kita anggap sepele ini umumnya dapat ditularkan melalui kontak langsung maupun tidak. Foto : Ilustrasi/Istimewa

MAKASSAR - Penyakit yang sering kita anggap sepele ini umumnya dapat ditularkan melalui kontak langsung maupun tidak. Namun, umumnya faktor kebersihan yang kurang dan daya tahan tubuh yang lemah menjadi pintu masuk penularannya. Oleh karena itu, penularan penyakit ini dapat kita cegah dengan menjaga kebersihan dan pola hidup yang sehat.

1. Tipes
Tipe (tifus) adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella. Bakteri ini menyebabkan infeksi pada usus halus. Penyakit ini membuat orang merasa demam, sakit kepala, sakit bagian perut, denyut jantung menurun dan hilang nafsu makan. Tipes merupakan penyakit yang bisa menular karena keberadaan bakteri salmonella.

2. Diare
Diare seringkali disebabkan oleh kontaminasi virus dan bakteri. Kontaminasi ini menyebabkan seseorang buang air besar secara terus menerus dengan kotoran yang tidak normal. Diare bisa menular karena kebersihan yang kurang terjaga sehingga bakteri atau virus bisa berpindah.



3. Polio
Polio merupakan penyakit yang dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita. Polio menyerang otot dan syaraf tubuh. Sehingga orang yang terkena polio tampak seperti cacat dari lahir. Polio banyak menyerang anak kecil dan bayi.

4. Demam Berdarah Dengue (DBD)
Demam berdarah adalah penyakit yang ditularkan melalui perantara nyamuk Aedes aegeypti betina. Nyamuk ini membawa virus dengue yang dapat ditularkan dengan menggigit penderita. Orang yang tertularkan virus ini akan merasakan hal yanmg sama dengan penderita.

5. Cacingan
Cacingan dapat ditularkan melalui sanitasi dan pola hidup yang buruk. Cacingan menyebabkan tubuh tidak dapat berkembang dengan baik. Cacing terdapat di dalam tubuh bisa dikeluarkan melalui tinja dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif