alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Manfaat Makan Pakai Tangan, Nomor Lima Jarang Disadari

Sri S Syam
Manfaat Makan Pakai Tangan, Nomor Lima Jarang Disadari
Makan pakai tangan sering diejek sebagai cara makan orang desa. Padahal jika disadari, makan pakai tangan dapat memberi manfaat bagi kesehatan kita. Foto : Istimewa

MAKASSAR - Makan pakai tangan sering diejek sebagai cara makan orang desa. Padahal jika disadari, makan pakai tangan dapat memberi manfaat bagi kesehatan kita. Seperti dilansir dari berbagai sumber di bawah ini, sejumlah manfaat makan pakai tangan yang kadang kita sepelekan. Yuk simak penjelasannya.

1. Mencegah Diabetes
Sebuah studi mengungkapkan, orang dengan diabetes tipe 2 cenderung menjadi pemakan cepat yang menggunakan alat makan. Makan dengan bantuan sendok dan garpu berkolerasi membuat makan lebih cepat (sebab kebiasaan yang dikaitkan dengan ketidakseimbangan gula darah dalam tubuh_red). Kondisi ini meningkatkan resiko terhadap perkembangan diabetes tipe 2. Berbeda dengan orang yang makan menggunakan tangan.

2. Membuat Makan Lebih Lambat
Makan dengan tangan membuat Anda makan lebih lambat, sehingga proses pencernaan makanan dapat bekerja lebih baik. Hal ini dikarenakan Anda menjadi lebih sadar akan proses mencerna makan dan merangsang semua indra yang ada di tubuh. Selain itu manfaat makan pakai tangan akan membuat sistem percernaan bekerja dengan baik karena ketika tangan menyentuh makanan, saraf di ujung jari terangsang dan mengirim sinyal ke otak yang memerintahkan tubuh untuk melepaskan cairan pencernaan. Hal inilah yang memungkinan makanan terasa enak saat makan dengan tangan.



3. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Manfaat makan pakai tangan berikutnya adalah kemampuan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Seperti halnya olahraga, manfaat makan pakai tangan kanan atau kiri semacam latihan otot.

4. Meningkatkan Rasa Kenyang
Sebuah penelitian mengungkapkan, makan menggunakan tangan dapat meningkatkan rasa kenyang dibanding makan menggunakan sendok atau alat makan lainnya. Makan pakai tangan ambil membaca koran atau menonton televisi juga membuat Anda cenderung cepat lapar dan mengkonsumsi cemilan. Ini baik untuk mereka yang ingin gemuk.

5. Membangkitkan Emosi dan Gairah
Manfaat makan pakai tangan dapat meningkatkan emosi dan gairah berkaitan dengan mudra (posisi tangan) yang merupakan dasar untuk yoga dan meditasi. Ujung-ujung saraf di ujung jari selain dapat merangsang pencernaan. Merasakan makanan Anda menjadi cara memberi sinyal pada perut bahwa Anda akan makan. Dengan begitu Anda menjadi lebih sadar mengenai tekstur, aroma dan rasa.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif