alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pembahasan APBD Perubahan Pangkep 2019 Terancam Molor

Muhammad Subhan
Pembahasan APBD Perubahan Pangkep 2019 Terancam Molor
Pembahasan APBD Perubahan Kabupaten Pangkep 2019 molor. Foto: SINDOnews/Ilustrasi

PANGKEP - Tahun ini, agenda perubahan terhadap APBD 2019 sepertinya sulit terwujud. Hal itu disampaikan anggota DPRD Kabupaten Pangkep, Alfian Muis kepada wartawan.

Alfian mengatakan, sesuai PP 58 tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah, batas akhir APBD Perubahan adalah tiga bulan sebelum tahun anggaran selanjutnya. Sehingga jika berdasar hal tersebut, maka APBD Perubahan harus selesai sampai akhir bulan September.

Namun, kata Alfian, hal tersebut terbentur pada mekanisme di DPRD. Dimana, pelantikan anggota DPRD periode selanjutnya, baru dilaksanakan pada akhir Agustus ini. Setelah pelantikan, DPRD akan dipimpin oleh ketua sementara dan belum ada alat kelengkapan dewan sebagai persyaratan untuk membahas dan menetapkan perda.



"Setelah pelantikan DPRD dipimpin oleh ketua sementara dan pada waktu itu ada beberapa hal yang menjadi agenda utama anggota DPRD baru, orientasi oleh kemendagri, Pembahasan dan penetapan tatib," jelas Alfian.

"Serta yang terakhir penetapan unsur pimpinan tetap dan pengisian alat kelengkapan, jadi jika dirunut dari semua agenda tersebut diperkirakan butuh waktu minimal satu bulan, yang berarti tidak ada waktu untuk pembahasan APBD Perubahan," tambahnya.

Ia mengatakan, jika eksekutif memasukkan draft Ranperda APBD Perubahan 2019 pada pertengahan Agustus ini, maka sulit bagi DPRD untuk melakukan pembahasan hingga penetapan karena pada akhir Agustus akan diadakan pelantikan bagi anggota DPRD hasil pemilu 2019.

Apalagi hingga pekan kedua Agustus ini eksekutif juga belum menyerahkkan draft perda APBD Perubahan ke dewan.

"Jadi seyogyanya memang anggota DPRD lama yg membahas APBD Perubahan," pungkas politisi Partai Golkar yang kembali terpilih sebagai anggota DPRD Pangkep periode 2019-2024 ini..

Belum masuknya Ranperda APBD Perubahan 2019 ke DPRD Pangkep dibenarkan Kepala Bagian Hukum Sekretariat DPRD Pangkep, Syahiruddin Tahir.
"Sampai sore ini belum ada masuk draftnya," ujarnya singkat.

"Kalaupun ada masuk tak bisa langsung dibahas, harus kemeja ketua DPRD dulu lalu ke Bamus untuk penjadwalan pembahasan," lanjutnya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Pangkep, Asri menyatakan optimis RAPBD Perubahan 2019 bisa terlaksana. Draft Ranperda APBD Perubahan 2019 sendiri sudah jadi dan siap diserahkan ke DPRD.

"Besok pagi sudah masuk ke DPRD. Pembahasan APBD juga sudah tidak lama karena tidak ada lagi pembahasan di intern komisi dan gabungan komisi yang makan waktu lama tapi langsung Banggar DPRD dengan tim keuangan pemkab yang membahas. Jadi kami optimis sebelum pelantikan dewan RAPBD Perubahan sudah selesai," pungkas Asri.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook