alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dikelola Swasta, Makassar F8 Bakal Digelar Oktober

Vivi Riski Indriani
Dikelola Swasta, Makassar F8 Bakal Digelar Oktober
Makassar International Eight Festival and Forum (F8) tetap akan dilaksanakan pada Oktober mendatang. Tapi, pengelolaannya dilakukan oleh pihak swasta. Foto: SINDOnews/Maman Sukirman

MAKASSAR - Perhelatan Makassar International Eight Festival and Forum (F8) tetap berlanjut meski tanpa anggaran dari pemerintah. Rencananya, kegiatan ini akan digelar pada bulan Oktober 2019 nanti oleh PT Festival Delapan Indonesia.

"Tetap dilanjutkan oleh pihak swasta, rencananya 11 sampai 13 Oktober 2019," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Rusmayani Majid, Selasa (13/8/2019).

Kata dia, pemerintah kota Makassar sebelumnya telah berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata perihal alasan penundaan F8. Salah satu pertimbangannya, pemasukan APBD Kota Makassar baru mencapai 39 persen sehingga banyak anggaran kegiatan yang harus dirasionalisasi. Termasuk anggaran F8 sebesar Rp3,8 miliar.



Meski begitu, dia menegaskan tidak diselenggarakannya F8 oleh pemkot bukan berarti kegiatan ini tidak masuk dalam skala prioritas. Hanya saja, kebijakan pimpinan lebih mengutamakan pembangunan infrastruktur.

“Kita sudah menyurat ke kementerian terkait penundaan F8 dan mereka menyarankan agar kegiatan ini bisa diserahkan ke pihak swasta untuk diselenggarakan," ujarnya.

Kendati diambilalih oleh swasta, namun pemerintah kota tetap ikut ambil bagian dalam mensukseskan kegiatan ini.

“Kami dari pemerintah men-support dalam hal administrasi karena bagaimana pun kegiatan yang bisa menggerakkan perekonomian itu tetap harus kita dukung," ungkapnya.

Sementara itu, Dirut PT Festival Delapan Indonesia, Sofyan Setiawan mengatakan pihaknya akan mengusung tema terkait teknologi dan budaya untuk F8 tahun ini. Meski begitu, dia belum mau membeberkan bagaimana konsep dari tema yang dimaksud.

“Jelasnya nanti kita akan bicara teknologi dan budaya," ucapnya.

Dia juga mengaku masih harus melakukan pertemuan dengan seluruh kurator terkait masukan dan arahan yang diberikan Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook