alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Rekayasa Lalu Lintas Jalur Lingkar Tengah Makassar Dievaluasi

Syachrul Arsyad
Rekayasa Lalu Lintas Jalur Lingkar Tengah Makassar Dievaluasi
BBPJN saat membuka jalur lingkar tengah beberapa waktu lalu. Tim terlihat membuka barrier yang selama ini menutup jalur yang menghubungkan jalan Perintis Kemerdekaan-jalan Dr Leimena, Kamis (8/8/2019). Foto: SINDOnews/Syachrul Arsyad

MAKASSAR - Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) XIII Makassar masih melanjutkan uji coba pembukaan jalur lingkar tengah atau Middle Ring Road (MRR) yang menghubungkan jalan Perintis Kemerdekaan-jalan Dr Leimena.

Hingga saat ini belum ada rekayasa lalu lintas (lalin) yang permanen yang ditetapkan. Tim terpadu dari lintas instansi, baik BBPJN maupun Ditlantas Polda Sulsel dan Dinas Perhubungan masih terus merumuskan formulasi yang tepat untuk penanganan lalin di jalan yang dilalui MRR tersebut.

Pascauji coba pembukaan jalur 8 Agustus lalu, tim terpadu lintas instansi terkait telah mengevaluasi rekayasa lalin yang sudah diterapkan sementara.



Dari hasil evaluasi, tim kembali mencoba membuat rekayasa u-turn atau putaran balik arah kendaraan. Hal ini setelah tim merapatkan hasil evaluasi rekayasa lalin sebelumnya di kantor Satker Jalan Metropolitan BBPJN XIII Makassar, Selasa (13/8/2019).

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) III Jalan Metropolitan BBPJN XIII Makassar, Malik menjelaskan, berbagai pihak masih terus melakukan evaluasi untuk mencari rekayasa lalin terbaik.

Untuk jangka pendek saat ini, pemasangan rambu menjadi prioritas, termasuk rekayasa u-turn di jalan yang menghubungkan jalur MRR.

Saat ini juga akan direncanakan untuk memperlebar bukaan u-turn di jalan Perintis Kemerdekaan, tepatnya depan Carrefour. Rencana ini dilakukan untuk mengurai kepadatan kendaraan yang sewaktu-waktu bisa terjadi di jalan tersebut.

Harapannya, kendaraan-kendaraan dari arah Maros-Makassar yang akan masuk ke MRR, tidak menumpuk.

“Masih rekayasa lalin yang kemarin ji diujicobakan. Tapi ini kita rencana coba bukaan depannya Carrefour mau diperlebar. Pertimbangannya, supaya tidak bikin macet. Karena biasanya putaran kendaraan khususnya bus itu yang ambil tempat. Panjang haluannya toh kalau mau berbelok," kata Malik.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif