alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sejumlah Bangunan Ini Ternyata Saksi Bisu Kemerdekaan, Riwayatmu Kini?

Sri S Syam
Sejumlah Bangunan Ini Ternyata Saksi Bisu Kemerdekaan, Riwayatmu Kini?
Sejumlah banguan yang ada di Kota Makassar ternyata pernah menjadi saksi bisu perjuangan para pahlawan membela tanah air tercinta dari serbuan para penjajah. Foto : SINDOnews/Doc

MAKASSAR - Sejumlah bangunan yang ada di Kota Makassar ternyata pernah menjadi saksi bisu perjuangan para pahlawan membela tanah air tercinta dari serbuan para penjajah.

Dahulu kala, bangunan ini selain digunakan sebagai markas bersenjata, juga ada yang menjadi tempat berlindung mereka. SINDOnews, mengulas sejumlah bangunan bersejarah yang kini telah berubah bentuk.

Bangunan bersejarah tersebut diantaranya Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Bagunan Masjid Raya, Benteng Fort Rotterdam dan masih banyak lagi.



Siapa yang menyangka tenyata Masjid Raya yang menjadi kebanggaan umat Muslim Makassar saat ini pernah digunakan pada zaman penjajahan. Bangunan masjid yang telah menjadi situs cagar budaya saat ini masih dipertahankan.

Sejumlah Bangunan Ini Ternyata Saksi Bisu Kemerdekaan, Riwayatmu Kini?
Ketgam : Masjid Raya Makassar/Istimewa

Sama halnya dengan Masjid Raya, kantor Pengadilan Negeri Makassar dan juga Benteng Ford Roterdam juga termasuk bangunan berserajah yang telah menjadi situs dan dilindungi. Keberadaanya juga masih dipertahankan hingga saat ini.

Sejumlah Bangunan Ini Ternyata Saksi Bisu Kemerdekaan, Riwayatmu Kini?
Ketgam :Kantor PN Makassar/Istimewa

Sementara itu terdapat bangunan bersejarah lain yang kini telah berubah bentuk dan telah dipoles sedemikian rupa seperti Lapangan Karebosi

Dari semula lapangan olah raga terbesar di Makassar, jadi pusat perbelanjaan (mal) di bawah tanah. Tentu dengan segala pro-kontranya. Sementara di depannya berdiri mal besar, di atas lahan bekas bangunan penjara (Lapas) yang sudah direlokasi ke daerah Gunung Sari, perbatasan Makassar-Kabupaten Gowa.

Sejumlah Bangunan Ini Ternyata Saksi Bisu Kemerdekaan, Riwayatmu Kini?
Ketgam : Lapangan Karebosi Makassar/Istimewa

Banyak lagi bangunan bersejarah lain namun telah rusak akibat tak terlindungi secara hukum oleh pihak pemerintah setempat. Ada juga yang telah berubah bentuk, terutama karena gusuran pembangunan fisik yang kadang tidak memedulikan keberadaan situs cagar budaya.

"Penerapan regulasi atau perda secara efektif sangat diperlukan untuk mengatur pengelolaan sekaligus pengamanan keberadaan cagar budaya yang ada di Kota Makassar," ungkap pakar sejarah yang juga arkeolog, Muhammad Ramli.

Keberadaan cagar budaya, lanjutnya pada dasarnya mempunyai manfaat langsung dan berdampak luas. Namun, sejauh ini perlindungan dan pelestarian cagar budaya yang harus diberlakukan dengan regulasi peraturan daerah di masing-masing kabupaten/kota, masih belum memadai.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif