alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Serunya Gelaran Lomba Tumpeng Pangan Lokal di Luwu Utara

Tim Sindonews
Serunya Gelaran Lomba Tumpeng Pangan Lokal di Luwu Utara
Bupati Lutra Indah Putri Indriani menjadi juri dalam lomba tumpeng pangan lokal dalam rangka menyambut HUT RI ke-74 di pelataran rumah jabatan bupati, Rabu (14/8/2019). Foto : Istimewa

MAKASSAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lutra menggelar lomba tumpeng pangan lokal di pelataran rumah jabatan Bupati Lutra, Rabu (14/8/2019). Lomba itu dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74.

Bupati Lutra, Indah Putri Indriani, tampil sebagai dewan juri kehormatan. Ia terlihat melakukan peninjauan ke sejumlah stan peserta lomba tumpeng pangan lokal tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Indah menyampaikan pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegiatan hari ini. Terlebih, konsep yang diangkat adalah menggunakan pangan lokal yang beragam, bergizi, seimbang dan aman atau B2SA.



"Saya juga mengapresiasi BUMN dan instansi vertikal, seperti PLN dan Kemenag yang ikut serta dalam kegiatan kita pada hari ini," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Indah menyampaikan status Lutra sebagai penghasil beras harus terus ditingkatkan, baik kualitas maupun kuantitasnya. Dengan begitu, Lutra kelak mampu menjadi penyuplai beras bagi daerah-daerah lain di Indonesia,

"Sampai saat ini konsumsi beras kita di Luwu Utara masih berada pada angka 100kg perkapita dan ini cukup tinggi," ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati Indah juga menyinggung soal 'harta karun' terpendam lainnya dari Lutra yakni sagu. Pemerintah daerah sendiri sudah menerapkan sistem inovasi daerah yang terfokus pada pengembangan sagu.

"Masyarakat Luwu Utara rata-rata mengkonsumsi sagu 350kg per tahun untuk setiap keluarga. Nah, sagu ini merupakan makanan khas kita jauh sebelum Tanah Luwu mengenal beras," ujarnya.

Dalam lomba tumpeng pangan lokal, juara I umum diraih oleh Dinas TPHP. Lalu, juara II diraih oleh Bappeda dan juara III disabet Kesbangpol. Adapun juara favorit diraih oleh sekretariat daerah.

Berikutnya, juara harapan I diraih oleh DP2KB, lalu juara harapan II diraih oleh dinas sosial dan juara harapan III menjadi milik RSUD Andi Djemma Masamba.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook