TOPIK TERPOPULER

Tak Hanya Lezatkan Makanan, Ini 5 Manfaat Konsumsi Bawang Bombay

Iman Firmansyah
Tak Hanya Lezatkan Makanan, Ini 5 Manfaat Konsumsi Bawang Bombay
Bawang bombay diyakini mengandung serat, asam folat, antioksidan, dan agen antibakteri. Foto/Shutterstock

MAKASSAR - Bawang merupakan salah satu unsur penting yang wajib ditambahkan untuk meningkatkan kualitas rasa makanan. Berdasarkan hasil penelitian, rupanya kandungan yang dimiliki bawang juga membawa dampak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi.

Bawang sangat sehat dengan kandungan vitamin C, flavonoid, dan fitonutrien. Selain itu, flavonoid yang terdapat dalam bawang merah juga bermanfaat menurunkan risiko beberapa penyakit seperti parkinson, stroke, dan penyakit kardiovaskular.



Salah satu jenis bawang yaitu bawang bombay, juga diyakini mengandung serat, asam folat, antioksidan, dan agen antibakteri.

Di antara jenis bawang lain, bawang bombay lebih sehat. Asupan bawang ini baik untuk kesehatan dan bisa dikonsumsi dalam bentuk mentah maupun matang. Berikut adalah manfaat kesehatan bawang bombay, seperti dilansir dari laman Boldsky.

1. Mengatur Kadar Gula Darah
Kandungan dalam bawang bombay yaitu kromium dan belerang membantu mengatur gula darah dan menurunkan gula darah. Beberapa Penelitian juga telah menunjukkan bahwa konsumsi bawang secara teratur bermanfaat bagi penderita diabetes atau pradiabetes.

Baca Juga: Bawang Putih Ternyata Ampuh Mengobati Pilek

2. Memiliki Sifat Melawan Kanker
Sifat allium dalam bawang bombay memiliki senyawa sulfur dan antioksidan flavonoid yang terbukti memiliki sifat melawan kanker. Selain itu, bawang bombay juga mengandung fisetin dan quercetin, antioksidan flavonoid yang dapat mencegah pertumbuhan tumor.



3. Dapat Tingkatkan Kesehatan Pencernaan
Bawang bombay kaya inulin dan fruktooligosakarida prebiotik. Jika Anda konsumsi secara teratur, dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di usus.

4. Tingkatkan Kesehatan Tulang
Beberapa ahli menyebutkan bahwa mengonsumsi bawang bombay dapat membantu mengurangi stres oksidatif, meningkatkan kadar antioksidan, serta mengurangi pengeroposan tulang sehingga membantu mencegah osteoporosis dan meningkatkan kepadatan tulang.

5. Tingkatkan Kesehatan Jantung
Bawang mengandung antioksidan dan senyawa yang melawan peradangan sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol serta efektif dalam meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Baca Juga: Kenali Ragam Manfaat Bawang Putih, Atasi Kolesterol Hingga Hipertensi



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!