Kementerian PUPR Survei Lokasi Pembangunan Bendungan Rongkong

Kamis, 14 Januari 2021 - 08:10 WIB
loading...
Kementerian PUPR Survei Lokasi Pembangunan Bendungan Rongkong
Ketua Tim Survei Lokasi Pembangunan DAM Rongkong Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Bambang Adi Rianto (kiri) saat menemui Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Rabu (13/1/2021). Foto: Istimewa
A A A
LUWU UTARA - Tim Survei Lokasi Pembangunan DAM Rongkong Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali mengunjungi Kabupaten Luwu Utara , Rabu (13/1/2021).

Kunjungan tersebut dalam rangka Survei dan Pendataan Lokasi Pembangunan DAM (bendungan) Rongkong di Kecamatan Sabbang, Kabupaten Luwu Utara . Tim ini dipimpin Bambang Adi Rianto.

Usai menemui Bupati Luwu Utara, Bambang Adi Rianto menyebutkan kunjungan Tim Survei Kementerian PUPR ini dalam rangka melakukan survei pendataan lokasi rencana pembangunan bendungan Rongkong.

“Hari ini kita menemui ibu Bupati untuk memohon dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara demi kelancaran pelaksanaan kegiatan kami di lapangan,” kata Bambang.

Ia mengungkapkan, studi kelayakan pembangunan bendungan Rongkong sudah dilakukan sejak 2013 yang lalu. Namun, karena berbagai dinamika dan kendala yang ditemui di lapangan, rencana pembangunan bendungan ini menjadi terhambat.

“Nah, kami kembali ditunjuk untuk mereviu hasil studi kelayakan tersebut, di mana sekarang sudah pada tahap perencanaan detail dengan 6 alternatif, yaitu Tandung 1, Tandung 2, Tandung 3 serta Binuang 1, Binuang 2 dan Binuang 3,” jelasnya.

Hasil studi kelayakan dari 6 alternatif ini, rencananya akan dilaporkan ke Bupati dengan harapan agar hasil studi ini bisa kembali disosialisasikan kepada masyarakat yang ada di sekitar lokasi tersebut.

“Nantinya kami memilih sesuai hasil survei yang kami dapatkan di lapangan dan hasilnya kami laporkan ke Bupati dan Kementerian PUPR . Tentu dengan harapan hasil studi ini bisa disosialisasikan kepada masyarakat oleh Pemda, dibantu pihak BBWSPJ, demi kelancaran rencana pembangunan bendungan,” imbuhnya.



Bambang menyebutkan, jika proses ini berjalan lancar tanpa ada hambatan, maka konstruksi pembangunan bendungan sungai Rongkong akan dimulai pada 2023 hingga 2027 mendatang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2655 seconds (0.1#10.140)