alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Karaeng Pattingalloang Terima Bintang Budaya Parama Dharma

Herni Amir
Karaeng Pattingalloang Terima Bintang Budaya Parama Dharma
Bupati Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ichsan. Ia megaku bangga atas banyaknya tokoh di Gowa yang mendapat pengakuan dan penghargaan. Foto: SINDOnews/Herni Amir

SUNGGUMINASA - Perdana menteri Kerajaan Gowa dan Tallo, Karaeng Pattingalloang menerima penganugerahan Bintang Budaya Parama Dharma dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Tanda kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma dianugerahkan kepada orang yang berjasa besar dalam meningkatkan, memajukan, serta membina kebudayaan bangsa dan negara.

Tahun ini, Bintang Budaya Para Dharma diterima oleh Karaeng Patingalloang bersama Alm Moehammad Sjafei yang merupakan guru dan pendiri INS Kayutanam Provinsi Sumatera Barat, dan almarhumah Prof Siti Baroroh Barried Dosen fisiologi, Seno Tri Sulistiyono.



Pemberian tanda kehormatan bintang tersebut sesuai Keputusan Presiden (Keppres) dan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Menanggapi hal tersebut, Bupati Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, penghargaan merupakan sebuah pengakuan yang diserahkan oleh negara melalui presiden Ri.

Karena itu, dia atas nama pemerintah dan mewakili masyarakat Kabupaten Gowa sangat berbangga karena Karaeng Pattingalloang meraih penghargaan tersebut.

"Kita menjadikan ini sebagai sebuah motivasi agar semakin banyaknya pahlawan-pahlawan kita yang ada di Kabupaten Gowa mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari Presiden RI," ungkapnya, Minggu (18/8/2019).

Karaeng Pattingalloang sendiri merupakan putra Raja Tallo ke-6. Dia lahir tahun 1600 dan bernama lengkap I Mangadacinna Daeng Sitaba Sultan Mahmud Syah.

Karaeng Pattingalloang mengusai berbagai bahasa asing seperti Spanyol, Portugis dan Latin. Dia memiliki ketertarikan pada ilmu pengetahuan.

Adnan berharap kedepan Kabupaten Gowa bisa menjadi percontohan bagi kabupaten kota lainnya di Sulsel bahkan di Indonesia.

Adnan juga berjanji akan kembali melakukan penelusuran terhadap tokoh-tokoh Kabupaten Gowa untuk melihat apakah perjalanan mereka memenuhi syarat untuk meraih penghargaan.

"Ini kan bersaing dengan usulan dari seluruh Indonesia. Tidak segampang itu untuk meraih pengakuan dari negara. Sehingga track recordnya memang harus ditelusuri," paparnya.

Dia melanjutkan, salah satu yang paling menonjol dari Karaeng Pattingalloang, karena beliau juga bapak angkat Aru Palakka Raja dari Bone.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif