alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Marak Kebakaran, Begini Imbauan BPBD Polman Kepada Warga

Asrianto Suardi
Marak Kebakaran, Begini Imbauan BPBD Polman Kepada Warga
Salah satu titik kebakaran yang terjadi di Polman baru-baru ini. Foto: SINDOnews/Asrianto Suardi

POLMAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Sulbar), mengeluarkan imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap bencana kebakaran. Imbauan ini disampaikan melalui surat edaran yang dikeluarkan setelah maraknya bencana kebakaran di Polman.

Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi, BPBD Polman, Muhammad Siri mengatakan, saat ini cuaca sedang memasuki musim kemarau dan banyak terjadi bencana kebakaran.

Siri mengingatkan, beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh masyarakat adalah tetap waspada saat membakar sampah dan rumput kering yang bisa memicu kebakaran, memeriksa peralatan dapur saat hendak keluar rumah, memeriksa instalasi listrik rumahnya.



"Pastikan api betul-betul padam saat membakar sampah, matikan seluruh kompor di dapur, dan cabut semua colokan listrik saat hendak meninggalkan rumah," pesannya.

Persoalan bencana kebakaran memang masih menjadi momok menakutkan bagi warga di Kabupaten Polewali Mandar. Sesuai data dari BPBD kabupaten setempat mencatat, selama periode Januari hingga Agustus 2019 sudah ada sekitar 26 bencana kebakaran.

Kepala Seksi Logistik BPBD Polman, Bugiman mengatakan, sebanyak 26 pemilik rumah yang jadi korban kebakaran sepanjang tahun ini telah dibantu baik berupa bantuan makanan, pakaian dan lainnya.

"Yang kami sudah data telah kami berikan bantuan kepada korban," katanya, Minggu (18/8/2019).

Terpisah, salah seorang warga Polewali, Muhammad Taslim berharap adanya kepedulian pemerintah daerah agar segera melakukan pengadaan armada pemadam kebakaran (Damkar). Sebab kata dia, mobil Damkar yang beroperasi sekarang sering mengalami kerusakan karena sudah tua.

"Perlu segera ada pengadaan baru, damkar itu kepentingan umum, kita bisa lihat rumah di Polman masih banyak yang terbuat dari kayu, " tandasnya.

Sebelumnya, bencana kebakaran melanda wilayah Polman pada tiga titik kecamatan yang berbeda. Kebakaran rumah penduduk terjadi di Desa Ujung Baru, Desa Tonyaman, Kecamatan Binuang, pada Rabu (14/8/2019) malam lalu. Kemudian kebakaran lahan di Desa Bussu, Kecamatan Tapango, Kamis (15/8/2019) malam, dan terakhir kebakaran tiga kios milik pedagang kaki lima di jalan Padi Unggul, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Wonomulyo pada hari Jumat (16/8/2019) dini hari.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif