alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemkot Palopo Terima Penyerahan 79 Aset Senilai Rp42.925 Miliar

Chaeruddin
Pemkot Palopo Terima Penyerahan 79 Aset Senilai Rp42.925 Miliar
Penyerahan aset Pemkab Luwu kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo disaksikan oleh KPK di Kantor Wali Kota Palopo, jumat baru-baru ini. Foto: Sindonews/Chaeruddin

PALOPO - Pemerintah Kota Palopo menerima penyerahan 79 aset senilai Rp43, 925 miliar dari Pemerintah Kabupateb Luwu.

Hal ini dilakukan pada rekonsiliasi penyerahan aset Pemerintah Kabupaten Luwu kepada Pemerintah Kota Palopo, yang difasilitasi oleh Korsupgah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Perwakilan Sulawesi Selatan dilaksanakan di ruang rapat lantai III Kantor Wali Kota Palopo, akhir pekan lalu.

Dalam proses penyerahan aset ini dihadiri langsung oleh Wali Kota Palopo, Judas Amir, Bupati Luwu, Basmin Mattayang, Sekda Palopo, Jamaluddin Nuhung dan Pj Sekda Luwu, Ridwan Tumbalolo.



Sementara itu, Korsupgah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Perwakilan Sulawesi Selatan, dihadiri oleh Seksi Pencegahan, Lindah dan Seksi Penindakan, Jarot Faizal.

Dalam kesempatan tersebut, Linda perwakilan KPK menyampaikan bahwa seluruh aset Pemkab Luwu yang berada di Kota Palopo harus diserahkan dulu kepada Pemkot Palopo.

"Kemudian apabila Pemkab Luwu membutuhkan sebagian aset untuk digunakan, Pemkab Luwu harus mengajukan permohonan dan Pemkot Palopo mengeluarkan SK pinjam pakai pada aset dimaksud, kemudian bila ada masalah terhadap aset yang diserahkan nanti Pemkab Luwu berkewajiban membantu dalam penyelesaian aset itu," ujarnya.

Aset yang harus diserahkan Pemkab Luwu kepada Pemkot Palopo ini setelah dilakukan pendalaman seluruh berkas dan pengecekan terdapat 79 aset Luwu yang berada di wilayah Kota Palopo senilai Rp42, 925 miliar, yang terdiri dari beberapa bangunan, diantaranta Balai Latihan Kerja (BLK), rumah dinas, dan perkantoran.

Koordinator Wilayah KPK Pusat, Ardiansyah Nasution, menyampaikan bahwa masalah aset ini suatu hal yang berbeda. Disebutkan bahwa setiap penyelesaian masalah aset cukup sulit untuk mengumpulkan pihak-pihak yang terkait untuk penyelesaiannya.

"Tapi khusus Kota Palopo ini cukup baik karena dalam proses penyelesaiannya hadir seluruh stakeholder terkait sehingga akan cepat penyelesaiannya, saya sampaikan terima kasih atas terlaksanakannya acara ini," ujarnya.

Kajari Kota Palopo Nur Yalamlan Cayana, menyampaikan terima kasih atas pertemuan ini. "Saya hadir dalam rangka tugas dan fungsi sebagai penyelenggara negara, dan mengharapkan dalam pertemuan ini ada penyelesaian dengan baik sehingga tidak ada masalah dikemudian hari," ujarnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif