alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

46 Kelurahan di Gowa Akan Dikucuri Dana Rp31,017 Miliar

Herni Amir
46 Kelurahan di Gowa Akan Dikucuri Dana Rp31,017 Miliar
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat menghadiri malam resepsi HUT RI ke 74. Foto: Istimewa

SUNGGUMINASA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa, menganggarkan Alokasi Dana Kelurahan (ADK) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Gowa untuk tahun 2019 ini sebesar Rp31,017 miliar.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, tahun ini pemerintah tidak hanya mengucurkan alokasi dana desa (ADD) tapi juga digelontorkan ADK. Di mana anggaran tersebut diperuntukkan untuk 46 kelurahan yang ada di daerah Gowa.

"Jadi 46 kelurahan yang ada di Gowa semua memperoleh ADK. Ini tahun pertama. Kita berharap ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin," ungkapnya, Saat malam resepsi HUT RI ke 74, Sabtu malam (17/8/2019).



Penyaluran dana Kelurahan sendiri sudah diatur dalan Undang-undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Pemda).

Pengaturan itu termaktub dalam Pasal 230 Undang-undang Pemda yang menyatakan, pemerintah kabupaten atau kota wajib mengalokasikan anggaran dalam APBD untuk pembangunan sarana dan prasarana lokal kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan.

Menurut Adnan, melalui dana kelurahan diharapkan mampu menunjang percepatan pemerataan pembangunan.

Dimana penggunaan dana diarahkan untuk berbagai hal, antara lain pembangunan sarana dan prasarana kelurahan, serta pemberdayaan masyarakat di kelurahan untuk meningkatkan kualitas hidup.

Selain itu, juga digunakan untuk peningkatan kesejahteraan dan penanggulangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan publik di tingkat kelurahan.

"Dana ini dialokasikan untuk pembangunan sarana dan prasarana kelurahan serta pemberdayaan masyarakat yang diharapkan keberadaannya mampu mewujudkan keinginan masyarakat Kabupaten Gowa," jelasnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif