alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Masih Andalkan Lampu Minyak, Warga Dusun Borong Bulo Butuh Listrik

Herni Amir
Masih Andalkan Lampu Minyak, Warga Dusun Borong Bulo Butuh Listrik
Kondisi jalan menuju Dusun Biring Bulo, Desa Parang Lompo Kecamatan Bontolempangan Kabupaten Gowa yang masih belum terbangun. Foto: Istimewa

SUNGGUMINASA - Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 tahun ini, berlangsung meriah di beberapa daerah. Namun Warga Dusun Borong Bulo Kabupaten Gowa, punya harapan tersendiri pada perayaan kemerdekaan tahun ini.

Warga Dusun Borong Bulo, Desa Parang Lompo Kecamatan Bontolempangan saat ini masih harus mengandalkan lampu minyak tanah setiap hari berganti malam hingga membutuhkan listrik untuk penerangan.

Kampung yang didiami 213 kepala keluarga atau 812 jiwa itu hidup dalam keterbatasan penerangan. Hingga saat ini, tercatat hanya 40 keluarga yang bisa menikmati fasilitas listrik. Itupun hanya sampai pukul 23.00 Wita.



"Karena swadaya, ada listrik untuk 40 rumah itu. Tapi hanya bisa difungsikan pada sore hari hingga pukul 11 malam," ungkap Salah satu tokoh masyarakat, Yusuf Punai, Minggu (18/8/2019).

Tiang listrik, kata Yusuf, sebenarnya telah ada beberapa di perkumiman tempat tinggalnya. Hanya saja, tiang itu belum difungsikan karena tidak memiliki kabel.

Untuk itu, warga setempat berinisiatif menyambung kabel dari kampung sebelah. Para warga bergotong royong dengan mengumpulkan uang pribadi.

Nilainya mencapai Rp100 juta untuk pengadaan listrik swadaya ini. Namun listrik ini tak bisa menjangkau seluruh rumah di Dusun Borong Bulo ini.

Yusuf Punai menuturkan, meski jarak kampungnya hanya sekotar 70 kilometer dari Sungguminasa ibu kota Kabupaten Gowa, namun wilayahnya itu memang belum tersentuh pembangunan. Selain penerangan, jalan di sana juga masih jalan tanah.

Meski demikian, hal itu tidak menyuturkan semangat warga setempat untuk menjalani kehidupan.

"Kita belum dapat listrik, makanya kita pakai lampu minyak tanah. Tapi kami tidak putus asa," tutur Yusuf.

Diusia ke 74 tahun Indonesia Merdeka, Yusuf menyampaikan, para warga kiranya pemerintah bisa memperhatikan pembangunan infrastruktur di tempat tinggalnya ini. Mereka berharap bisa menikmati listrik untuk memudahkan kehidupan.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan dari PLN Rayon Sungguminasa mengenai ketiadaan listrik di Dusun Borong Bulo ini. Nomor Telepon Kepala PLN Rayon Sungguminasa Riri yang dikonfirmasi tidak aktif.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif