alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gempa Bumi Berkekuatan 4,4 SR Guncang Kabupaten Enrekang

Agus Nyomba
Gempa Bumi Berkekuatan 4,4 SR Guncang Kabupaten Enrekang
BMKG mencatat terjadinya gempa bumi 4,4 SR di Kabupaten Enrekang, Senin (19/8/2019) pada pukul 14:07 WIB. Foto: BMKG

ENREKANG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan mencapai 4,4 Skala Richter (SR) di Kabupaten Enrekang, Sulsel, Senin (19/8/2019). Gempa bumi itu baru saja terjadi, tepatnya pada pukul 14:07 WIB.

Dilansir dari laman resmi BMKG, pusat gempa yang melanda Bumi Massenrempulu berada di darat 9 kilometer dari barat laut Enrekang. Skala gempa itu masuk kategori dirasakan dengan kedalaman mencapai 10 kilometer. Adapun titik koordinat terletak pada 3.51 LS 122.69 BT.

Pada hari yang sama, BMKG mencatat terjadi empat gempa hingga Senin sore ini. Selain di Kabupaten Enrekang, gempa bumi berkekuatan 5 SR juga melanda daerah Bacan Timur, tepatnya 86 kilomter dari timur Labuha. BMKG mencatat waktu kejadiannya pada pukul 12:53 WIB.



Sejam sebelumnya, gempa bumi dengan kekuatan 4,3 SR mengguncang Kabupaten Pangandaraan. Kedalaman gempa itu bahkan mencapai 78 kilometer. Adapun gempa bumi yang pertama terjadi hari ini di wilayah Indonesia terjadi di Kabupaten Sukabumi.

Gempa di Kabupaten Sukabumi itu juga tercatat berkekuatan paling kecil sebesar 3 SR dengan kedalaman 8 kilometer. Adapun waktu kejadiannya terjadi pagi hari, tepatnya pukul 08:13 WIB.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif