alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Banjir Bandang Terjang 7 Desa di Luwu, Ratusan Rumah Terendam

Chaeruddin
Banjir Bandang Terjang 7 Desa di Luwu, Ratusan Rumah Terendam
Banjir bandang menerjang Kabupaten Luwu. Sebanyak tujuh desa di kabupaten ini terkena dampak banjir. Foto: SINDOnews/Chaeruddin

LUWU - Banjir bandang menerjang tujuh desa pada dua kecamatan yang ada di Kabupaten Luwu, Senin (19/8/2019). Banjir itu terjadi sejak pukul 01.00 dini hari.

Tujuh desa yang terendam banjir yakni, desa di Kecamatan Larompong yakni Desa Rante Belu, Desa Riwang dan Desa Buntu Matabing. Di Kecamatan Larompong Selatan yakni, Desa Sampano, Desa Dadeko, Desa Salusana dan Desa Temboe.

Di Kecamatan Larompong, ratusan rumah warga terendam. Termasuk fasilitas pendidikan seperti TK, dua sekolah dasar, MTs, dan sekolah MA. Banjir juga merendam persawahan warga.



Desa Rante Belu: 200 rumah terendam, dua unit sekolah TK, sekolah SDN tiga unit, sekolah MTs satu unit dan sekolah MA 1 unit, dan tanah persawahan yang sudah panen

Sementara di Kecamatan Larompong Selatan, juga merendam ratusan rumah warga dan persawahan warga.

Kepala BPBD Kabupaten Luwu, Rahman Mandari, melaporkan, banjir yang menerjang dua kecamatan di Luwu tidak menimbulkan korban jiwa.

"Namun banjir mengakibatkan kerugian materi warga yang tidak sedikit. Selain rumah, fasilitas pendidikan banjir juga menggenangi sejumlah area persawahan warga bahkan sempat menyebabkan kemacetan poros trans sulawesi hingga berjam-jam," ujarnya.

BPBD Luwu melaporkan upaya yang dilakukan saat dan pasca banjir yakni menerjunkan tim TRC BPBD Luwu langsung melakukan peninjauan ke lokasi kejadian, mengevakuasi barang barang warga, mengambil mendata dan mendokumentasikan tempat kejadian.

"Banjir ini terjadi karena curah hujan yang cukup tinggi sejak minggu malam hingga dini hari. Debit air mencapai 1 meter hingga 1,5 meter dan menggenangi jalan poros," katanya.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook