Masih Pandemi, Peringatan Hari Jadi Tana Luwu ke-753 Digelar Virtual

Kamis, 14 Januari 2021 - 17:58 WIB
loading...
Masih Pandemi, Peringatan Hari Jadi Tana Luwu ke-753 Digelar Virtual
Rapat persiapan peringatan HJL dan HPRL di ruang rapat Wakil Bupati Luwu Utara, Kamis (14/1/2021). Foto: Humas Pemkab Luwu Utara
A A A
LUWU UTARA - Puncak peringatan hari jadi ke-753 Tana Luwu (HJL) dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL) ke-75 akan dilaksanakan di Kabupaten Luwu Utara 23 Januari 2021 mendatang.

Namun, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang digelar meriah dengan berbagai parade kebudayaan, peringatan HJL dan HPRL tahun ini akan dilaksanakan sederhana secara virtual. Itu dilakukan karena pandemi Covid-19 .



Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Utara , Armiady mengatakan, hajatan tahunan rakyat Tana Luwu harus tetap digelar meski dalam suasana pandemi Covid-19 . Armiady mengatakan, ditunjuknya Luwu Utara sebagai tuan rumah adalah sebuah kehormatan, sekaligus amanah yang mesti dijalankan tanpa harus kehilangan momentum historis HJL dan HPRL.

“Tahun lalu di Luwu Timur saya hadir mewakili Bupati, dan saya sendiri yang menerima langsung bendera pataka sebagai tanda bahwa Luwu Utara siap menjadi tuan rumah HJL/HPRL. Nah, dalam kondisi pandemi Covid-19 , tentu akan berbeda cara memperingatinya. Tahun ini kita lakukan sederhana dan virtual, tapi tidak mengurangi makna dua peringatan hari bersejarah bagi masyarakat Tana Luwu ini,” tutur Armiady, saat memimpin rapat persiapan peringatan HJL dan HPRL di ruang rapat Wakil Bupati Luwu Utara, Kamis (14/1/2021).



Kendati digelar virtual, tapi Datu Luwu dan perangkat kedatuan, serta Forkopimda se-Tana Luwu, tetap diundang hadir untuk mengikuti puncak peringatan HJL dan HPRL di Masamba, yang akan dipusatkan di Aula La Galigo Kantor Bupati. Armiady juga mengungkapkan bahwa Gubernur Sulsel , HM Nurdin Abdullah dijadwalkan hadir langsung di Luwu Utara.

“Seharusnya, pelaksanaan hari ulang tahun secara virtual ini bukan lagi kendala buat kita karena kita memiliki referensi pernah melaksanakan HUT Luwu Utara secara virtual juga,” imbuhnya.



“Saya minta kepada semua yang masuk dalam kepanitiaan untuk mempersiapkannya mulai hari ini. Termasuk juga kepada Dinas Kominfo bersama Bagian Protokol untuk menata aula, menyiapkan undangan dan perangkat teknologi telekomunikasi interaktif untuk keperluan vicon agar memudahkan pengiriman audio dan video secara bersamaan tanpa ada kendala,” tandasnya.

Dalam rapat ini juga disepakati bahwa Ketua Panitia HJL dan HPRL adalah Kadis Kominfo, Arief R Palallo.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1133 seconds (0.1#10.140)