alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dua Kabupaten di Sulbar Dinilai Rawan Kebakaran, Ini Imbauan BNPB

Asrianto Suardi
Dua Kabupaten di Sulbar Dinilai Rawan Kebakaran, Ini Imbauan BNPB
Bencana kebakaran yang terjadi di Kabupaten Polewali Mandar beberapa waktu lalu. Foto: Sindonews/Asrianto Suardi

POLMAN - Dua kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat, dinilai rawan kebakaran. Kedua kabupaten tersebut adalah Polewali Mandar dan Majene.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala BPBD Sulbar, Darno Majid, saat dikonfirmasi, Senin (19/8/2019). Darno mengatakan, sebelumnya, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulbar telah menerima surat dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat. Setelah menerima surat tersebut, pihak BPBD Sulbar lalu menindaklanjuti dengan melakukan koordinasi kepada Sekda, BPBD kabupaten masing-masing.

"Kemarin sudah terima surat, kami langsung komunikasi dengan BPBD kabupaten masing-masing. Ada dua kabupaten yang rawan kebakaran," katanya.



Darno menghimbau kepada masyarakat, agar tidak melakukan aktivitas yang bisa memicu kebakaran, seperti membakar sampah di dekat pemukiman, rumah, kebun, dan lain-lain. Kemudian BPBD kabupaten masing-masing melakukan kesiapsiagaan melakukan koordinasi bersama dinas terkait, seperti Dinas Pemadam, Dinas Kehutanan, dan instansi terkait lainnya.

"Tetap waspada dan melakukan himbaua kepada masyarakat agar tetap berhati-hati menghadapi musim kemarau," katanya.

Meski demikian, dua kabupaten yang dimaksud terindikasi rawan kebakaran, namun pihak BPBD Sulbar juga tetap menghimbau kepada BPBD Kabupaten lain untuk mengantisipasi kebakaran.

Darno menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati menghadapi musim kemarau ini.

Sebelumnya, bencana kebakaran melanda wilayah Kabupaten Polewali Mandar. Sebanyak tiga titik lokasi kebakaran terjadi dalam dua hari pada minggu lalu. Kebakaran rumah penduduk terjadi di Desa Ujung Baru, Desa Tonyaman, Kecamatan Binuang, pada Rabu malam (14/8/2019) lalu, kemudian kebakara lahan di Desa Bussu, Kecamatan Tapango, Kamis malam (15/8/2019), dan terakhir kebakran tiga kios milik pedagang kaki lima di jakan Padi unggul, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Wonomulyo pada hari Jumat (16/8/2019) Dini hari.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook