TOPIK TERPOPULER

Terkendala SIPD, Gaji PNS Pemkot Makassar Belum Dibayarkan

Vivi Riski Indriani
Terkendala SIPD, Gaji PNS Pemkot Makassar Belum Dibayarkan
Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar Januari 2021 belum dibayarkan. Foto: Ilustrasi

MAKASSAR - Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar Januari 2021 belum dibayarkan. Padahal seharusnya pembayaran gaji PNS terhitung per 1 Januari.

Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin mengatakan keterlambatan gaji PNS disebabkan aplikasi sistem informasi pemerintah daerah (SIPD) Kementerian Dalam Negeri bermasalah. Akibatnya pencairan gaji PNS belum bisa diproses.



"Jadi memang ada masalah di SIPD, kalau itu bermasalah tidak bisa kita tarik cetak. Tidak bisa diproses," kata Rudy, Kamis (14/1/2021).

Karena itu, dia meminta Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Makassar untuk segera memproses pencairan gaji PNS. Sebab menurut dia, gaji merupakan kebutuhan mendesak yang harus segera dipenuhi.

"Gaji PNS itu tidak bisa kita tunda karena menyangkut makan dan kehidupan keluarga. Makanya saya minta cari alternatif lain dan bayarkan jika itu memungkinkan dari sisi regulasi," papar dia.

Tidak hanya gaji PNS, Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) pada Desember 2020 lalu juga belum dibayarkan. Meski begitu, menurut Rudy, pembayaran TPP tidak begitu mendesak sehingga masih bisa ditunda.

"Kalau TPP itukan tambahan ji, yang penting itu gaji pokok. Nah ini sementara kita upayakan," ucap dia.



Baca Juga: Gaji PNS di Beberapa Daerah Molor, Begini Penjelasan Kemendagri

Sementara, Sekda Makassar M Ansar mengatakan penundaan gaji PNS tidak hanya terjadi di Kota Makassar, tetapi secara nasional di sejumlah daerah di Indonesia.

Keterlambatan itu disebabkan SIPD yang bermasalah. Sehingga dipastikan gaji PNS di semua daerah yang menggunakan SIPD tertunda.

Dia pun mengaku tak bisa berbuat banyak, sebab SIPD merupakan sistem yang terkoneksi langsung dengan pemerintah pusat. "Tapi inikan dalam proses. Insya Allah dalam waktu singkat bisa selesai," ujar Ansar.

Sedangkan untuk TPP, Ansar tidak menampik terjadi penundaan. Kata dia, sistem pembayaran TPP berbeda dengan gaji PNS. Meski begitu, dia memastikan TPP di Desember 2020, segera dibayarkan.

"TPP itukan kalau kita kerja Desember nanti di bayar Januari. Beda dengan gaji, terima dulu baru kerja. Jadi pasti kita bayar," ungkap dia.

Salah satu PNS Pemkot Makassar, Yati berharap agar gaji dan TPP yang sempat tertunda segera dibayarkan Pemkot Makassar. "Gaji itu Januari belum masuk, TPP Desember juga begitu. Tapi kita sudah koordinasi dengan keuangan, Insya Allah dalam waktu dekat ini," ucap Yati.

Baca Juga: Kementerian Keuangan Bantah Gaji PNS Naik Tahun Depan



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!