TOPIK TERPOPULER

Hindari Diabetes, Yuk Ganti Gula dengan Tiga Pemanis Alami Ini

Okezone
Hindari Diabetes, Yuk Ganti Gula dengan Tiga Pemanis Alami Ini
Ilustrasi pemanis alami menyehatkan pengganti gula. Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik

MAKASSAR - Banyak orang menyukai makanan dan minuman manis, sehingga sulit untuk menghindari penggunaan gula. Padahal mengonsumsi gula secara berlebihan bisa berefek buruk pada kesehatan. Salah satunya bisa memicu penyakit diabetes.

Untuk tetap dapat menikmati rasa manis di setiap makanan maupun minuman, Anda bisa mengganti gula dengan pemanis alami yang sehat. Pemanis tersebut haruslah rendah kalori, rendah fruktosa, dan rasanya tetap manis seperti gula biasa.



Seperti dirangkum dari Healthline, berikut ini pemanis alami menyehatkan sebagai pengganti gula.

1. Stevia
Stevia adalah pemanis rendah kalori yang mengandung senyawa stevioside dan rebaudioside A. Keduanya dapat membuat rasa ratusan kali lebih manis dari gula.

Beberapa penelitian menunjukkan stevia memiliki manfaat kesehatan, seperti dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi dan telah terbukti menurunkan kadar gula darah penderita diabetes.

Baca Juga: Diabetes Tipe 2 Bisa Dihindari Sedini Mungkin, Begini Caranya!

2. Erythritol
Erythritol adalah alkohol gula yang ditemukan secara alami dalam buah-buahan tertentu. Ini mengandung sekira 6 persen kalori dalam jumlah gula dengan 70 persen rasa manis.



Studi menunjukkan eritritol sangat aman. Namun seperti gula alkohol lainnya, ini dapat menyebabkan masalah pencernaan jika mengonsumsi terlalu banyak dalam satu waktu. Rasa erythritol sangat mirip dengan gula, meski bisa memiliki sedikit rasa sisa.

3. Xylitol
Xylitol mengandung sekira 2/3 dari nilai kalori gula. Xylitol memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan gigi, seperti mengurangi risiko gigi berlubang dan kerusakan gigi. Ini juga dapat membantu mencegah osteoporosis.

Baca Juga: Kenapa Penderita Diabetes Harus Rajin Konsumsi Brokoli? Ini Penjelasannya!



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!