alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tak Setor LHKPN, Satu Caleg Terpilih DPRD Sulsel Terancam Tak Dilantik

Muhaimin Sunusi
Tak Setor LHKPN, Satu Caleg Terpilih DPRD Sulsel Terancam Tak Dilantik
Petugas KPU Sulsel membuka isi kotak suara dari KPU Kabupaten/Kota di Hotel Harper, Makassar, saat rekapitulasi beberapa waktu lalu. Foto: SINDOnews/Muctamir Zaide

MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) baru saja menyetor daftar nama-nama calon legislatif (Caleg) terpilih DPRD Sulsel ke Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah. Penyerahan itu dilakukan di rumah jabatan gubernur Sulsel di jalan Jenderal Sudirman, Selasa (20/8/2019).

"Jadi kami telah menyerahkan nama-nama calon (DPRD Sulsel) terpilih. Nanti Pemprov yang akan usulkan ke Depdagri (departemen dalam negeri) untuk dilantik," kata Ketua KPU Sulsel, Misnah M Attas di Rujab Gubernur Sulsel.

Hanya saja daftar nama-nama yang disetor ke Gubernur tidak lengkap. Dari 85 Caleg DPRD Sulsel yang terpilih, hanya 84 nama yang diusulkan untuk dilantik.



Satu nama yang tak diusulkan ialah Taqwa Muller, Caleg terpilih dari Partai Golkar Sulsel. Alasannya, lantaran Caleg Dapil XI Sulsel tersebut belum menyetor Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada KPU Sulsel.

Sebelumnya saat penetapan Caleg DPRD Sulsel (13/8/2019) lalu, sebanyak tiga Caleg yang belum menyetor LHKPNnya. Namun hingga batas waktu kemarin, yakni tujuh hari pasca penetapan, hanya LHKPN Taqwa Muller yang belum sampai ke tangan KPU Sulsel.

"Sudah dua orang yang sudah menyelesaikan (LHKPN), pak Ince Langke dan Muzayyin. Tinggal satu pak Taqwa Muller yang belum memasukkan. Tetapi katanya, dia sudah mengirimkan ke KPK, tapi kami harus mempunyai fisiknya dan harus diserahkan ke KPU," jelasnya.

Komisioner KPU Sulsel, Uslimin menambahkan bahwa tidak disetornya nama Taqwa Muller ke Gubernur akan membuatnya tak menerima Surat Keputusan (SK) pelantikan. Sehingga Taqwa Muller terancam tak dilantik secara bersama-sama oleh 84 Caleg DPRD Sulsel lainnya.

"Kalau tidak ada LHKPNnya, tentu tidak akan dilantik. Karena itu persyaratan," tegas Usle sapaannya saat ditemui di Kantor KPU Sulsel.

Hanya saja, Usle mengatakan KPU Sulsel tetap masih memberi kesempatan kepada partai Golkar dan Taqwa Muller untuk segera menyetor LHKPNnya. Andai disetor sebelum pelantikan, maka Taqwa Muller masih memiliki kesempatan untuk dilantik secara tepat waktu.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook