alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Warning! Dilarang Membakar Limbah Sisa Panen di Lahan Gowa

Herni Amir
Warning! Dilarang Membakar Limbah Sisa Panen di Lahan Gowa
Korps Manggala Agni KLHK Daops Gowa saat Apel Gelar Terpadu Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Wilayah Kabupaten Gowa di Lapangan Kantor Manggala Agni KLHK Daops Gowa di Kelurahan Lanna, Kecamatan Parangloe, Selasa (20/08/2019). Foto : SIN

SUNGGUMINASA - Peringatan bagi pemilik perusahaan perkebunan yang ada di wilayah Kabupaten Gowa, untuk tidak melakukan pembakaran limbah sisa panen.

Kepala Manggala Agni KLHK Daops, Gowa Ishak Andi Kunna mengatakan, hal ini untuk menghindari terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di musim kemarau.

"Terjadinya karhutla ada tanggungjawab seluruh pihak makanya perlu dilakukan kesiapsiagaan secara dini. Masyarakat dan Perusahaan perkebunan jangan membersihkan lahan setelah panen dengan pembakaran," tegasnya kepada SINDOnews.



Menurut Ishak, penanganan serius terkait potensi terjadinya karhutla ini memang harus dilakukanm meski kasus karhutla di wilayah Kabupaten Gowa masih sangat sedikit.

Terakhir yang terjadi di Kecamatan Manuju, itupun saat ini telah dilakukan penanganan dengan melibatkan seluruh komponen.  "Yang kita pantau baru ada 1 kasus karhutla karena kecenderungan yang terjadi biasanya ada kebakaran tapi tidak ada laporan masuk," jelasnya.

Sementara itu,, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan meminta agar dilakukan peningkatan penjagaan serta pemeliharaan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Gowa.

"Ini sudah masuk pada musim kemarau, potensi terjadinya kebakaran sangat memungkinkan terjadi. Sehingga saya meminta masyarakat harus dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi tersebut. Seperti tidak membakar sampah sembarangan," tegasnya.

Sebelumnya digelar juga apel Gelar Terpadu Penanganan Karhutla di Wilayah Kabupaten Gowa di Lapangan Kantor Manggala Agni KLHK Daops Gowa di Kelurahan Lanna, Kecamatan Parangloe.

Apel kali dilaksanakan untuk menindaklanjuti hasil pelaksanaan apel gelar terpadu penanganan kebakaran hutan dan lahan di Wilayah Kodam XIV Hasanuddin dalam rangka peningkatan kesiapsiagaan penanganan dan pencegahan Karhutla di wilayah Sulawesi Selatan



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook