alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Festival Keraton Nusantara Expo Libatkan UMKM Luwu Raya

Chaeruddin
Festival Keraton Nusantara Expo Libatkan UMKM Luwu Raya
Festival Keraton Nusantara (FKN) XIII menyisahkan waktu 18 hari lagi pelaksanaannya yang dipusatkan di Kota Palopo, 7-13 september 2019 tahun ini. Foto: Istimewa

LUWU - Festival Keraton Nusantara (FKN) XIII menyisahkan waktu 18 hari lagi pelaksanaannya yang dipusatkan di Kota Palopo, 7-13 September 2019 tahun ini.

Sejumlah kegiatan akan mengisi FKN XII selama sepekan di empat wilayah di Luwu Raya, Palopo, Kabupaten Luwu, Kabupaten Luwu Utara dan di Kabupaten Luwu Timur.

Salah satu kegiatan yang akan menarik perhatian sepanjang pelaksanaan FKN nanti yakni FKN Expo yang dipusatkan di sekitar titik nol (0) Kota Palopo, yakni sekitaran markas Kodim 1403 Sawerigading dan sekitar Lapangan Gaspa serta depan Rumah Jabatan Wakil Wali Kota Palopo.



Pantia FKN Expo sendiri menyiapkan sekira 100 tenda dengan tiga ukuran bagi siapa saja yang akan berpartisipasi dalam FKN Expo.

Di papan informasi Sekretariat FKN tertulis pengumuman, untuk lokasi stand depan kodim dan depan Pos Polisi Militer (PM) disiapkan tenda ukuran 4×4 dengan biaya sewa sebesar Rp4,5 juta.

Selanjutnya lokasi stand seputaran SCC ukuran 3×3 biaya sewa sebesar Rp3,5 juta dan depan SCC dan samping SDN 80 serta depan Rumah Jabatan Wakil Wali Kota disiapkan tenda ukuran 5×5 dengan biaya sewa Rp5 juta.

Sekretaris Panitia, Suaedi menyampaikan, untuk penggunaan tenda ini terbuka untuk umum, termasuk BUMN, perbankan utamanya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Semua bisa terlimbat, BUMN, perbankan juga UMKM. Bahkan kita siapkan harga tersendiri untuk pelaku UMKM di Luwu Raya," katanya.

Sesuai jadwal acara FKN XII, pelaksanaan FKN Expo dimulai 7 september dan ditutup 13 september. "FKN Expo ini akan menampilkan pameran ekonomi kreatif, festival kopi dan pameran benda pusaka," katanya.

Dari pantauan, denah FKN Expo sudah dipesan oleh puluhan peserta. Untuk diketahui, meski secara resmi FKN XII tahun 2019 resmi dibuka 7 september, namun kegiatan FKN XII diawali dengan kegiatan zikir dan doa bersama di Istana Kedatuan Luwu pada 5 september nanti.

Panitia FKN XIImenyebutkan, selain rusan raja-raja senusantara, FKN di Luwu Raya juga akan dihadiri sejumlah kerajaan dari luar Indonesia, seperti Kerjaan Brunaidsrussalam, Kerjaan Pakistan, Kerjaan Aborigin dari Australia.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook