alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Antisipasi Kemarau Panjang, PDAM Sinjai Andalkan Sungai Balantieng

Irman Bagoseng
Antisipasi Kemarau Panjang, PDAM Sinjai Andalkan Sungai Balantieng
Direktur PDAM Sinjai Suratman, pihaknya bakal melakukan uji coba untuk menggunakan air baku dari sungai Balantieng. Foto: Istimewa

SINJAI - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sinjai, mengantisipasi kemarau panjang dengan mengandalkan air baku dari sungai Balantieng.

Direktur PDAM Sinjai, Suratman, mengatakan bulan (Agustus) ini, akan ada uji coba pengaliran Air PDAM yang bersumber dari Sungai Balantieng.

Ia menjelaskan, pengerjaan pemasangan pipa yang bersumber dari sungai Balantieng sudah rampung 95 persen dan akan mengaliri enam kecamatan di Kabupaten Sinjai telah rampung.



"Proses pengerjaannya hingga saat ini sudah mencapai 95 persen dengan jarak pipa yang telah dipasang dari sumber mata air sampai di Palla Kelurahan Lamatti Rilau Kecamatan Sinjai Utara sekitar 70 kilometer dengan jenis pipa HDPE," katanya.

Ia menjelaskan, rencananya bulan ini akan dilakukan uji coba dalam artian air baku akan di uji coba mengaliri pipa yang sudah dipasang untuk mengetahui tekanan air.

"Jadi bulan ini kita akan ujicoba dulu aliran air di masing-masing kecamatan termasuk sampai di Kota Sinjai untuk memastikan tidak ada pipa yang bocor, jika ada yang bocor kita segera perbaiki," ujarnya.

Lanjut ia katakan, jika uji coba yang dilakukan hasilnya tidak menemui kendala, maka sumber air baku yang dikelola dari sistem penyediaan air minum Balangtieng bisa segera dialirkan ke rumah-rumah warga melalui pipa yang sudah ada untuk mengantisipasi kemarau.

Salah satu warga yang berdomisili di Kelurahan Lappa, mengaku, saat ini supalai air dipemukimannya selalu tidak mengalir.

"Disini, (BTN Lappa Mas kelurahan Lappa), kadang mengalir kadang juga tidak, intinya dalam satu minggu pasti ada ngadatnya (Tidak mengalir)," ujar Burhan.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif