alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mantan Kadis Kesehatan Parepare Ditetapkan Jadi Tersangka Korupsi

Darwiaty Dalle
Mantan Kadis Kesehatan Parepare Ditetapkan Jadi Tersangka Korupsi
Konfrensi pers yang digelar Polres Kota Parepare terkait penetapan tersangka kasus dugaan korupsi dana Dinkes Parepare. Foto: Sindonews/Darwiaty Dalle

PAREPARE - Polres Parepare akhirnya merilis progres kasus dugaan korupsi dana Dinas Kesehatan Parepare, yang raib pada anggaran tahun 2017 hingga tahun 2018 lalu.

Kapolres Parepare AKBP Pria Budi dalam gelar kasus, menjelaskan dari hasil pengembangan yang dilakukan tim Tipikor Reskrim Polres, kasus yang terungkap berawal dari aksi mogok kerja petugas Call Centre 112 tersebut, telah menetapkan dua tersangka.

"Telah ditetapkan MY mantan kepala dinas (Kadis) Kesehatan dan SR mantan Bendahara Dinkes, sebagai tersangka," ungkap Pria Rabu (21/8/2019).



Kedua tersangka, jelas Pria, dijerat pasal 2 ayat 1, subsider pasal 3 UU No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Ditetapkannya kedua aparatur pemkot Parepare tersebut sebagai tersangka, kata Pria lagi, karena telah terbukti melakukan penyelewangan dana untuk kepentingan sendiri.

"Ancaman hukuman seumur hidup, paling singkat 4 tahun paling lama 20 tahun, dengan denda Rp200 juta," ungkapnya.

Sementara Kanit Tipikor Polres Parepare Ipda Sukri mengemukakan, selama proses pengungkapan kasus tersebut, setidaknya ada 78 keterangan saksi yang telah diambil, termasuk dari Wali Kota Parepare Taufan Pawe dan Sekkot Parepare Iwan Asaad.

"Masih ada beberapa saksi akan kita periksa untuk melengkapi berkas sebelum dikirim tahap pertama ke Kejaksaan," katanya.

Untuk hasil perhitungan BPKP, tambah Sukri, kerugian negara dari kasus itu kurang lebih Rp6,4 miliar dari tahun 2017 sampai 2018.

Dalam seminggu ke depan, kata Sukri lagi, berkas kasus itu akan rampung dan segera dikirim ke Kejaksaan. Dalam penanganan kasus inipun.

"Kita libatkan tiga saksi ahli, diantaranya dari BPKP, Dirjen, dan Kementrian Kesehatan," tandasnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif