Update Gempa Sulbar: 37 Orang Meninggal, Jalan Tertutup, Komunikasi Belum Stabil

Jum'at, 15 Januari 2021 - 19:36 WIB
loading...
Update Gempa Sulbar: 37 Orang Meninggal, Jalan Tertutup, Komunikasi Belum Stabil
Aparat dari TNI berdiri di tengah-tengah bangunan yang roboh akibat gempa di Mamuju, Sulbar. Foto: Humas Pemprov Sulsel
A A A
MAMUJU - Tim Gabungan TNI-Polri dan BPBD Basarnas masih berupaya melakukan evakuasi dan pencarian korban reruntuhan gempa bumi 6,2 magnitude di Sulawesi Barat (Sulbar) , Jumat (15/1/2021).

Kabid Humas Polda Sulbar , Kombes Pol Syamsu Ridwan mengatakan, hingga pukul 18.00 Wita, tercatat 37 orang meninggal dunia dari dua wilayah terparah, yakni Kabupaten Mamuju dan Majene.



"Korban meninggal dunia di Mamuju ada 29 orang dan di Majene ada 8 orang. Untuk korban luka-luka ada ratusan, mungkin di atas 200-an orang. Kemungkinan korban meninggal akan terus bertambah," jelas Syamsu.

Dia mengatakan, hingga kini tim gabungan masih terus melakukan pencarian dan proses evakuasi dampak gempa yang terjadi sejak Kamis 16 Januari kemarin. Sejumlah fasilitas publik dan rumah warga rusak parah.



"Beberapa akses dari Makassar ke Mamuju di daerah Majene ada lokasi longsor, saat ini belum bisa dilalui. Namun upaya dari tim untuk mensterilkannya. Insyaallah mudah-mudahan kalau tidak ada susulan lagi besok sudah bisa dibuka aksesnya," papar Syamsu.

Selain akses jalan, jaringan listrik dan komunikasi juga belum stabil. Syamsu menyebut jalur alternatif yang bisa digunakan ialah jalur dari arah Palu menuju Mamuju. "Sama jalur dari Polman itu," ungkapnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2411 seconds (0.1#10.140)