alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Rampung Desember 2019, Bandara Toraja Bisa Didarati Pesawat Jet

Syachrul Arsyad
Rampung Desember 2019, Bandara Toraja Bisa Didarati Pesawat Jet
Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. H.M. Nurdin Abdullah saat meninjau Bandara Internasional Toraja Buntu Kuni. Foto : SINDOnews

MAKASSAR - Angin segar bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara, Bandara Internasional Toraja Buntu Kuni akan rampung pada bulan Desember 2019 ini. Bahkan sudah bisa didarati pesawat jet.

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof . Nurdin Abdullah menjelaskan, pembangunan bandara tersebut sudah berjalan dengan baik sesuai harapan, namun pekerjaan terlebih dahulu dikerjakan satu jalur dengan panjang 1.400 landasan.

"Kita sudah 1.400 panjang landasan dari dua sisi, tapi kita kerjakan satu sisi dulu. Kita berharap selesai tender ini kita bisa tambahkan supaya rampung dua jalur," kata mantan Bupati Bantaeng dua periode itu.



Menurut Gubernur, nantinya landasan bandara Internasional Toraja Buntu Kuni ini bakal diperluas menjadi 2.600 panjang landasan agar pesawat jet bisa mendarat di bandara tersebut.

"Nah kalau Bandara ini selesai, ini menjadi salah satu pemicu orang akan berinvestasi, bangun hotel, restoran, mall, semuanya akan berkembang," jelas Nurdin.

Perwakilan Kementerian Perhubungan RI, Anas mengaku, pembangunan Bandara Buntu Kuni akan dimaksimalkan sesuai dengan permintaan Gubernur Sulsel, dengan jumlah panjang landasar 2.600 meter.

Untuk tahun 2019 sendiri, 1.400 panjang landasan akan dibangun, menyusul kemudian 1.200 landasan dipenganggaran berikutnya.

"Targetnya kita itu selesai Desember tahun 2019. Mudah-mudahan tidak ada kendala Desember ataupun awal Januari kita sudah beroperasi," ungkap Anas di Toraja, Rabu (21/08/2019).

Untuk terminal Bandara Buntu Kuni sendiri akan dibangun dengan seluruh fasilitas lainnya dengan alokasi anggaran Rp80 miliar.

"Untuk terminal masuk di fasilitas isi darat. Anggarannya sudah dialokasikan sementara proses revisi dari eselon satu Kementerian Perhubungan, untuk proses lelangnya sudah selesai, sudah ada pemenang tender kalau tidak halangan akhir bulan Desember kita sudah jalan," jelasnya.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook