15.000 Alat Rapid Antigen Tiba di Luwu Utara

Jum'at, 15 Januari 2021 - 20:56 WIB
loading...
15.000 Alat Rapid Antigen Tiba di Luwu Utara
Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi. Foto: Istimewa
A A A
LUWU UTARA - Sebanyak 15.000 alat rapid test antigen tiba di Kabupaten Luwu Utara, Jumat (15/1/2021). Bantuan dari BNPB Pusat ini diterima langsung Bupati Luwu Utara , Indah Putri Indriani (IDP).

Oleh bupati, bantuan tersebut selanjutnya diserahkan ke Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Muslim Muhtar. Penyerahan bantuan alat rapid antigen dilakukan usai peresmian gedung PSC 119 oleh Bupati Luwu Utara .



“Kedatangan rapid test antigen ini atas usaha anggota DPR RI, abang (Muhammad) Fauzi. Beliaulah yang meminta langsung ke BNPB agar bantuan ini segera dibawa ke Luwu Utara,” ungkap Kalaksa BPBD Luwu Utara, Muslim Muhtar.

Dari 50 ribu alat rapid test yang diusulkan, baru 15 ribu yang terealisasi. Dan ini, sebut Muslim, baru tahap pertama. “Insyaallah, masih ada tahap II,” jelasnya.



Berbeda dengan rapid test antibodi, cara kerja rapid test antigen ini tetap memerlukan spesimen swab orofaring atau nasofaring. Itulah sebabnya, rapid antigen biasa juga disebut swab antigen.

Hasil pemeriksaan rapid antigen hanya membutuhkan waktu 1-2 jam, dengan tingkat akurasi 90%. Rapid antigen bisa digunakan untuk mendeteksi kasus seperti ODP dan PDP. Meski begitu, swab antigen hanya merupakan screening awal, karena yang menjadi penentu konfirmasi positif Covid-19 tetap test PCR.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1553 seconds (0.1#10.140)