alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Masukkan Ketumbar pada Air Minummu, Khasiatnya Sembuhkan 5 Penyakit

Sri S Syam
Masukkan Ketumbar pada Air Minummu, Khasiatnya Sembuhkan 5 Penyakit
Kamu tentu tahu biji ketumbar, rempah-rempah yang kerap digunakan untuk melezatkan makanan ini ternyata menyimpan khasiat ajaib yang bisa menyembuhkan lima penyakit. Foto : Istimewa

MAKASSAR - Kamu tentu tahu biji ketumbar, rempah-rempah yang kerap digunakan untuk melezatkan makanan ini ternyata menyimpan khasiat ajaib yang bisa menyembuhkan lima penyakit.

Apa saja penyakit yang bisa disembuhkan itu? Dilansir dari berbagai sumber, simak penjelasannya.

1. Gangguan Pencernaan
Biji dan daun ketumbar memiliki sifat antioksidan dan serat makanan yang dapat meningkatkan fungsi hati dan memfasilitasi pergerakan usus. Caranya cukup randam segenggam biji ketumbar dalam air selama sehari, saring bijinya lalu minum saat perut kosong. Minumlah setiap hari untuk menyembuhkan gangguan pencernaan.



2. Pilek dan Flu
Penelitian telah menunjukkan bahwa daun dan biji ketumbar mengandung hampir 30 dari jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan. Kandungan vitamin C yang didalamnya juga terdapat anti oksidan sangat penting untuk tubuh dan kulit yang sehat. Ketumbar banyak memiliki vitamin esensial seperti asam folat, vitamin A, dan beta karoten. Untuk itu, biji dan daunnya sangat efektif menyembuhkan pilek dan flu. Caranya, tambahkan rendaman ketumbar dalam makanan atau minuman, lalu konsumsi.

3. Diabetes
Rendam segenggam biji ketumbar semalaman. Pagi berikutnya, saring airnya dan minumlah. Jika Anda penderita diabetes dan masalah kolestrol, maka Anda harus minum air ketumbar setiap hari, namun konsultasikan ke dokter dulu. Cara ini membantu menurunkan glukosa darah, sehingga menjaga kadar gula darah.

4. Penyakit Bakteri
Banyak makanan dan penyakit yang ditularkan melalui air seperti kolera, tipes, keracunan makanan, dan disentri. Hal iti disebabkan oleh bakteri Salmonella. Asupan air biji ketumbar secara teratur melindungimu dari penyakit yang berasal dari makanan karena sifat anti bakterinya.

5. Anemia
Anemia terjadi akibat desifiensi besi dan berdampak negatif pada efisiensi transportasi oksigen oleh darah. Biji ketumbar membantu mengatasi defisit zat besi tersebut. Biji ketumbar mengandung banyak vitamin dan mineral penting, termasuk zat besi yang membantu mencegah anemia.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif