alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mutu Pendidikan di Gowa Terbaik ke-6 di Sulawesi Selatan

Herni Amir
Mutu Pendidikan di Gowa Terbaik ke-6 di Sulawesi Selatan
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengapresiasi Kemendikbud RI yang menempatkan Gowa berada peringkat keenam untuk akses dan mutu pendidikan di Sulsel. Foto/SINDOnews/Herni Amir

SUNGGUMINASA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI merilis data akses dan mutu pendidikan, baik untuk tingkat sekolah dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) lingkup Sulawesi Selatan (Sulsel) pada 2019. Hasilnya, akses dan mutu pendikan di Gowa terbaik ke-6 dari total 24 kabupaten/kota se-Sulsel.

Kepala Dinas Pendidikan Gowa, Salam, mengungkapan merujuk data dari kementerian, ada peningkatan signifikan atas akses dan mutu pendidikan di daerahnya. Dari sebelumnya tercecer di peringkat 21, kini Gowa berhasil menempati peringkat 6 alias terbaik ke-6 dari sisi akses dan mutu pendidikan.

"Jadi alhamdulilah kita sekarang berada diperingkat ke-6 dari 24 kabupaten/kota di Sulsel. Data ini dirilis saat rakor Peningkatan Akses dan Mutu Pendidikan tingkat Sulawesi Selatan belum lama ini," ungkap Salam, Jumat (23/8/2019).



Adapun di tingkat SD, nilai index mutu baik Gowa mencapai 47 poin. Adapun daerah dengan index mutu di atas Gowa seperti Kabupaten Wajo dengan 112 poin, disusul Makassar 101 poin, Enrekang 70 poin, Bone 65 poin, dan Sidenreng Rappang 52 poin.

Sementara di tingkat SMP, nilai index mutu baik Gowa 26 poin. Daerah dengan index mutu di atas Gowa, seperti Kabupaten Bone 66 poin, Wajo 44 poin, Bulukumba 32 poin, Toraja Utara 31 poin, dan Kota Makassar 28 poin.

Salam menuturkan mutu pendidikan SD dan SMP mengalami peningkatan signifikan di bawah kepemimpinan Adnan Purichta Ichsan-Abd Rauf Malaganni. Peningkatan ini merupakan penilaian langsung dari Kemendikbud RI sebagai instansi pemerintah yang membidangi sektor pendidikan.

Putra mendiang Ichsan Yasin Limpo ini dinilai memiliki komitmen dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerahnya. "Ini ukuran komitmen Bapak Bupati dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Gowa," sambung Salam.

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, memberikan dukungan penuh terhadap peningkatan pembangunan pendidikan. Adnan menyampaikan akan menaruh perhatian untuk pendidikan yang berkualitas secara merata dan menyeluruh.

Adnan menilai rapat koordinasi yang melibatkan seluruh kepala daerah dapat memberikan solusi terhadap mutu pendidikan, utamanya sumber daya manusia. "Mutu pendidikan memang harus terus digenjot untuk menghadapi persaingan bagi generasi kita nantinya," pungkasnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif