alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sikap Cinta Tanah Air Ditanamkan Lewat Siswa Mengenal Nusantara

Marhawanti Sehe
Sikap Cinta Tanah Air Ditanamkan Lewat Siswa Mengenal Nusantara
Peserta Siswa Mengenal Nusantara saat pisah sambut di Ballarate Ballroom Dalton Hotel, Kamis (22/8/2019) malam. Foto: SINDOnews/Marhawanti Sehe

MAKASSAR - Prosesi pisah sambut Siswa Mengenal Nusantara Provinsi Papua dan Sulsel yang merupakan program sinergi BUMN Hadir Untuk Negeri berlangsung penuh haru di Ballarate Ballroom Dalton Hotel, Kamis (22/8/2019) malam.

Program yang berlangsung selama sepuluh hari ini merupakan gagasan untuk menanamkan cinta dan bangga terhadap tanah air Indonesia sejak dini kepada para peserta Siswa Mengenal Nusantara. Hal itu diutarakan oleh Direktur SDM dan Hukum PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Tina T Kemalan Intan.

"Siswa Mengenal Nusantara ini merupakah salah satu program sinergi BUMN Hadir Untuk Negeri. Tujuannya adalah menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air kepada para siswa sejak dini agar ke depan bisa menjaga keberagaman dan persatuan Indonesia. Saya juga terharu dan sedikit nangis menyaksikan kegembiraan (persembahan) tadi," kata Tina.



Di kesempatan yang sama, Asisten Deputy Bidang Usaha Konstruksi Sarana dan Prasarana Kementerian BUMN, Hendrika Nora Osloi Sinaga memaparkan peran BUMN kepada para peserta Siswa Mengenal Nusantara.

"Di Indonesia ini ada sebanyak 115 BUMN, dalam kegiatan ini ada BUMN yang mendampingi. Masing-masing BUMN ada yang bergerak di bidang manufkatur kapal yaitu PT IKI, lalu ada yang bergerak di bidang keuangan yakni BRI, dan ada PT Semen Indonesia dan lainnya," kata Hendrika Nora.

Dia menjelaskan, melalui program sinergi BUMN Hadir Untuk Negeri, Siswa Mengenal Nusantara ini telah diikuti oleh sebanyak 2.822 siswa dan siswi pilihan yang berprestasi dari seluruh Indonesia. Tujuannya untuk mengenalkan para siswa terhadap keberagaman yang ada di Indonesia.

"Sebanyak 2.822 siswa telah mengikuti program ini sejak tahun 2016. Adapun hal-hal yang dipelajari oleh para siswa di kegiatan ini adalah sosial budaya, pengenalan kebangsaan, peran BUMN, wawasan entrepreneurship serta pendidikan," katanya.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani pada kesempatan yang sama, mengungkapkan apresiasinya atas penyelenggaraan Siswa Mengenal Nusantara sebagai bagian dari BUMN Hadir Untuk Negeri.

"Saya mewakili Pemerintah Provinsi Sulsel mengapresiasi kegiatan ini dengan sinergitas yang ada, para BUMN dan stakehokder lainnya. Melalui kegiatan ini terjadi proses edukasi yang kuat. Mudah-mudahan ke depan makin melebar dan menjangkau lebih banyak siswa," tutup dia.

Sebagai informasi tambahan, hadir di acara penutupan program Siswa Mengenal Nusantara diantaranya Kepala Bagian Logistik Kanwil BRI Makassar Taufik Parlin, Direktur Keuangan PT Semen Tonasa Ginarko Isnubroto serta peserta Siswa Mengenal Nusantara asal Papua sebanyak 29 orang dan asal Sulsel sebanyak 27 orang.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif