alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Putin Perintahkan Siapkan Respon Soal Uji Coba Rudal Terlarang AS

Agus Nyomba
Putin Perintahkan Siapkan Respon Soal Uji Coba Rudal Terlarang AS
Presiden Rusia Vladimir Putin. Pihaknya akan menyiapkan respon terhadap uji coba rudal terlarang AS. Foto: Istimewa

MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin telah memerintahkan kementerian pertahanan dan kementerian luar negeri, untuk menganalisis potensi ancaman yang berasal dari kegiatan pengujian rudal berbasis darat Amerika Serikat (AS), dan untuk merumuskan tanggapan yang tepat.

Menurut presiden Rusia, penggunaan peluncur MK-41 oleh Washington dalam pengujian rudal pada 18 Agustus 2019 berfungsi untuk mengkonfirmasi kekhawatiran yang diungkapkan oleh pihak Rusia dalam beberapa bulan terakhir, tentang potensi pelanggaran AS terhadap INF.

"Kami telah berulang kali menunjukkan bahwa penempatan peluncur seperti itu oleh AS di pangkalan pertahanan misilnya di Rumania, dan penyebaran yang mereka perkirakan di Polandia di masa depan adalah pelanggaran langsung dan terang-terangan terhadap perjanjian pada rudal jarak menengah dan pendek," kata Putin, berbicara kepada Anggota Dewan Keamanan Rusia yang dilansir Sputnik, Jumat, (23/08/2019).



"Pihak AS dengan keras kepala menyangkal ini, mengklaim bahwa MK-41 berbasis darat seharusnya tidak dapat meluncurkan rudal jelajah Tomahawk berbasis laut. Sekarang, fakta pelanggaran mereka adalah di tempat terbuka dan tidak mungkin untuk diperselisihkan - mereka sendiri telah berbicara tentang itu," tambah Putin.

Menurut Presiden Rusia, mengingat fakta-fakta ini, Rusia tidak dapat memastikan tentang jenis sistem apa - defensif atau ofensif, AS akan mengerahkan di Rumania dan Polandia. Waktu penerbangan antara situs-situs ini dan kota-kota besar Rusia hanya dalam hitungan menit.

Putin mengatakan, tes rudal AS pada 18 Agustus terjadi hanya 16 hari setelah AS menyelesaikan penarikan dari INF pada 2 Agustus.

"Sudah jelas bahwa tes ini bukan improvisasi, tetapi mata rantai berikutnya dalam rangkaian acara yang direncanakan dan dilakukan sebelumnya," katanya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif