TOPIK TERPOPULER

Konsumsi Nutrisi Seimbang Berperan Penting Dorong Kerja Vaksin

Koran SINDO
Konsumsi Nutrisi Seimbang Berperan Penting Dorong Kerja Vaksin
Mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang bisa membantu mendorong kerja vaksin. Foto: Dok/DailyNews

MAKASSAR - Program vaksinasi di Indonesia resmi diluncurkan saat Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang disuntikkan vaksin Covid-19. Nah, untuk memaksimalkan dan mendorong kerja vaksin, mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang memiliki peranan penting.

Hal tersebut karena nutrisi yang baik sangat penting dalam menangkal infeksi dalam tubuh dari serangan virus. Semakin bervariasi jenis makanan yang dikonsumsi, maka akan semakin lengkap zat gizi yang didapat untuk memperkuat daya tahan tubuh.



Ahli gizi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Toto Sudargo mengungkapkan bahwa gizi yang baik dari makanan sehat dan seimbang adalah kunci untuk memperkuat efektifitas vaksin. Menurut untuk meredam virus tidak hanya mengandalkan kerja vaksin, namun harus ada pendukungnya dengan banyak mengkonsumsi makanan mengandung vitamin A, vitamin E, vitamin C, dan Zinc.

Seperti peran vitamin A di dalam tubuh membantu kerja vaksin dalam mengatur sistem kekebalan tubuh dan memberikan perlindungan terhadap infeksi pada jaringan mulut, lambung, usus, dan sistem pernapasan agar tetap sehat. Untuk mendapatkan kandungan vitamin A secara alami, Anda bisa mengkonsumsi beberapa sayuran seperti wortel, brokoli, ubi jalar, bayam, paprika merah, aprikot, dan telur.

Baca Juga: Ini yang Dirasa Gubernur, Kapolri, dan Presiden Setelah Divaksin Covid-19

Tidak hanya makanan yang mengandung banyak vitamin A, protein juga sangat dibutuhkan tubuh untuk penyembuhan dan pemulihan. Makan berbagai makanan protein termasuk makanan laut, daging tanpa lemak, unggas, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang tidak berwarna.

Agar kerja vaksin lebih makimal, Toto mengungkapkan dibutuhkan asupan 50% protein setiap harinya, terlebih lagi untuk para lansia (lanjut usia). Karena pada lansia tubuh akan mengalami perlambatan dalam menyerap nutrisi, sehingga penting untuk memastikan mengkonsumsi makanan yang mengandung 25 gram sampai 30 gram protein.



Salain protein, asupan vitamin E yang cukup bisa membuat kinerja vaksin lebih maksimal. Dengan mengonsumsi vitamin E secara baik akan melindungi tubuh dari paparan radikal bebas, yaitu molekul berbahaya yang bisa merusak jaringan, organ, dan sel-sel tubuh. Vitamin E juga mampu memperkuat sistem imunitas atau kekebalan tubuh sehingga dapat melawan infeksi bakteri dan virus.

"Untuk vitamin E menjadi antioksidan yang menetralkan radikal bebas, meningkatkan kekebalan tubuh. Kita juga bisa memperolehnya dari almond, minyak sayur, kacang-kacangan, dan sayuran hijau," jelasnya.

Baca Juga: Masker dan Vaksin Sama Pentingnya dalam Melawan Covid-19

Selain itu, dalam meningkatkan imun juga perlu asupan vitamin C untuk membantu pembentukan antibodi. Meningkatkan kekebalan tubuh caranya dengan mengonsumsi pepaya, strowberi, jeruk, tomat, jambu biji, dan kiwi.

Makanan yang mengandung Zinc yang terdapat pada seafood, daging sapi, hati ayam, telur, dan keju, juga diperlukan untuk mengoptimalkan kerja sistem vaksin. Zat gizi lainnya dalam bahan makanan yang bermanfaat untuk kerja vaksin adalah B6, folat, selenium, dan tidak lupa mengonsumsi lima porsi sayur dan buah per hari untuk mendapatkan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan.

"Selain asupan sayur, beragam buah seperti pisang, jeruk, alpukat, nanas, apel, pepaya, dan manggis dapat memperkuat kerja vaksin. Konsumsi juga sayuran yang kaya akan serat seperti sayuran berdaun hijau, terong, tauge, daun singkong, labu dan lainnya," tegas Toto.

Baca Juga: Vaksinasi Perkuat Imunitas Tubuh



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!