alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemkot Makassar Upayakan Gaji Honorer Setara dengan UMK

Vivi Riski Indriani
Pemkot Makassar Upayakan Gaji Honorer Setara dengan UMK
Pemerintah Kota Makassar mengupayakan gaji honorer bisa setara dengan UMK. Foto: Ilustrasi

MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar saat ini sementara mengupayakan agar gaji tenaga honorer, bisa setara dengan upah minimum kota (UMK).

Hal itu disampaikan Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb belum lama ini. Kata dia, saat ini pemerintah kota sedang menyusun sistem pemberlakuan gaji secara merata khususnya untuk tenaga honorer (non PNS).

Tidak hanya itu, persoalan gaji tenaga honorer yang selama ini seringkali lambat terbayarkan juga akan menjadi perhatian khusus pemerintah kota.



"Ini akan segera kita evaluasi sehingga persoalan tersebut tidak menjadi hambatan dimasa yang akan datang," ujarnya.

Hal tersebut juga diakui Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar, Basri Rakhman.

Dia menerangkan seiring akan diberlakukannya tunjangan kinerja (tukin) bagi aparatur sipil negara (ASN), pemerintah juga melakukan kajian untuk penerapan gaji tenaga honorer agar bisa setara dengan UMK.

“Ini sementara kita kaji, tapi kita lihat dulu kemampuan anggaran pemerintah seperti apa," ucapnya.

Kata dia, saat ini jumlah tenaga honorer kurang lebih 8.000-an. Jumlah ini dinilai sudah melebihi kebutuhan pemerintah kota (pemkot) sehingga dipastikan tidak ada penambahan tenaga honorer tahun ini.

Dia mengaku tidak ada persiapan khusus untuk rencana kenaikan gaji tenaga honorer. Pasalnya, itu rencana itu sangat bergantung pada kemampuan anggaran pemerintah.

“Selama pak pj belum ada usulan pengangkatan honorer. Tapi kita lihat nanti, apakah dengan jumlah sebesar itu bisa diakomodir oleh APBD untuk dinaikkan gajinya atau seperti apa, karena kan pasti jumlanya seragam (gajinya), dan kita tidak bisa mendesak kenaikan gaji, karena itu bergantung keuangan pemerintah," ungkapnya.



(agn)

loading...
Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook