alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KPU Gowa Ajukan Anggaran Pilkada 2020 Rp43 Miliar

Herni Amir
KPU Gowa Ajukan Anggaran Pilkada 2020 Rp43 Miliar
KPU Kabupaten Gowa akan mengajukan anggaran untuk perhelatan Pilkada pada 2020 mendatang sebesar Rp43 miliar. Foto: SINDOnews/Ilustrasi

SUNGGUMINASA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa akan mengajukan anggaran untuk perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 2020 mendatang sebesar Rp43 miliar.

Ketua KPU Kabupaten Gowa, Muhtar Muis mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan hal tersebut kepada Bupati Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ichsan, meski hanya sebatas lisan.

Sementara untuk pengajuan anggaran secara resmi, KPU Gowa sedang menyesuaikan jadwal dengan Bupati.



"Untuk sementara kami akan ajukan sebesar Rp43 miliar. Tapi ini belum pasti sebanyak itu, tergantung bagaimana tim anggaran pemerintah daerah melakukan rasionalisasi," jelasnya, Minggu (25/8/2019).

Muhtar berharap anggaran yang diajukan dapat diterima sesuai dengan harapan KPU.

"Kita berharap mudah-mudahan sesuai dengan harapan KPU," tambahnya.

Menurut dia, pengajuan anggaran dana hibah kali ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan yang diajukan pada Pilkada 2015 lalu, Rp24 miliar. Menyusul adanya penambahan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) disertai dengan pengadaan kotak suara.

Kotak suara yang digunakan pada Pemilu 2019 belum lama ini disebut bersifat sekali pakai. Sehingga jika Pemilu kembali digelar, maka harus dilakukan pengadaan ulang.

Saat ditanya terkait tahapan Pilkada, Muhtar mengatakan, jika akan dimulai pada akhir September 2019 mendatang. Sementara pemungutan suara akan dilakukan pada 23 September 2020.

Khusus untuk penandatanganan naskah hibah daerah yang berfungsi untuk memastikan ketersediaan anggaran Pilkada dari Pemkab, akan dilakukan pada1 Oktober 2019 mendatang.

Sementara 1 November 2019 hingga 22 September 2020 akan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat.

"Kalau tahapan Pilkada sendiri akan dimulai akhir September 2019, dan hari H-nya itu tanggal 23 September 2020 mendatang," pungkasnya.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif