TOPIK TERPOPULER

Berbagai Organisasi di Pangkep Galang Bantuan untuk Korban Gempa Sulbar

Muhammad Subhan
Berbagai Organisasi di Pangkep Galang Bantuan untuk Korban Gempa Sulbar
Posko tanggap bencana alam yang dibangun Muhammadiyah Pangkep di Jalan Sultan Hasanuddin, poros Pangkep-Makassar. Foto: SINDOnews/Muhammad Subhan

PANGKEP - Solidaritas kemanusiaan untuk korban gempa bumi di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) datang dari berbagai kalangan di Kabupaten Pangkep. Ada yang langsung membawa bantuan ke Mamuju, ada juga yang menggalang bantuan dari masyarakat.

Ketua Relawan Peduli dan Berbagi, Tajuddin yang dihubungi mengatakan, ia dan sejumlah orang relawan sudah berada di Kota Mamuju dua hari terakhir. Ia membawa bantuan makanan dan perlengkapan bayi.



Baca juga: Pasukan Kodam Hasanuddin Dikerahkan Amankan Bantuan Gempa Sulbar

"Kami sudah salurkan langsung ke korban di sejumlah tempat penampungan di Mamuju, saat ini kami akan balik ke Pangkep lagi untuk mengumpulkan bantuan," kata Tajuddin, Minggu (17/1/2021).

Sementara itu, Angkatan Muda Muhammadiyah Pangkep bersama Lazismu Pangkep membuka posko tanggap bencana alam tepatnya di Jalan Sultan Hasanuddin, poros Pangkep-Makassar depan gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah.

Posko tanggap bencana alam ini diperuntukkan untuk membantu korban gempa yang terjadi di Sulbar beberapa hari yang lalu. Posko ini diperkirakan akan dibuka selama kurang lebih tiga hari ke depan.

Baca juga: RSUD Andi Makkasau Parepare Rawat 2 Korban Gempa Sulbar



Koordinator Tim yang juga Wakil Ketua Pemuda Muhammadiyah Pangkep, Saifullah Bonto mengungkapkan, bahwa posko ini nantinya akan dijadikan sebagai pusat penerimaan bantuan yang akan didistribusikan ke Sulbar.

"Kami membuka posko bantuan selama tiga hari ke depan. Bagi yang mau memberikan donasi baik berupa tunai maupun barang dan ingin menyalurkan lewat Muhammadiyah Pangkep, silahkan datang ke posko ini karena kami pusatkan di sini atau bisa juga menghubungi tim kami," ujar Saifullah Bonto.

Koordinator Lazismu Pangkep, Husain Mustafa menyampaikan bahwa, sudah menjadi keharusan Muhammadiyah Pangkep turut andil untuk membantu di setiap bencana alam.

Baca juga: Truk Pengangkut Bawang Kecelakaan Usai Mencoba Hindari Lubang

"Sudah menjadi kewajiban kita untuk saling tolong-menolong jika ada saudara kita yang tertimpa bencana. Perserikatan Muhammadiyah khususnya Muhammadiyah Pangkep selalu menjadi garda terdepan untuk membantu melalui Lazismu dan relawan-relawannya," ucap Husain Mustafa yang juga Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pangkep.

Selain itu, sejumlah komunitas serta ormas lain seperti Tim Kesehatan Pangkep Hebat juga telah mengirim relawan dan bantuan mereka langsung ke Mamuju.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!