alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Klan IAS dan YL Disebut Jadi Momok Bagi Calon Lain di Pilwalkot Makassar

Muhaimin
Klan IAS dan YL Disebut Jadi Momok Bagi Calon Lain di Pilwalkot Makassar
diskusi politik Menakar Kekuatan Pendatang Baru, Makassar 2020 yang berlangsung di CCR pada Minggu (25/8/2019). Foto: SINDOnews/Muhaimin

MAKASSAR - Pengaruh dari Ilham Arif Sirajuddin (IAS) dan klan Yasin Limpo (YL) disebut masih cukup kuat di Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar 2020. Kandidat yang berasal dari gerbong ini, disebut juga masih cukup tangguh untuk ditantang.

Hal itu mencuat dalam diskusi politik 'Menakar Kekuatan Pendatang Baru, Makassar 2020' yang berlangsung di CCR pada Minggu (25/8/2019).

Politisi partai Golkar Sulawesi Selatan (Sulsel), Rahman Pina yang jadi pembicara dalam kegiatan itu menyebut, selama 15 tahun ini belum ada pendatang baru di Kota Makassar yang mampu menggulingkan dua klan ini. Sehingga dia menilai baik klan IAS dan YL masih kuat sampai saat ini, meski telah berada di belakang layar.



"Kalau kita runut, hampir kekuatan besar politik yang dikuasai di Sulsel ialah klan Yasin Limpo dan klan IAS. Di Makassar, tiga kali dimenangkan oleh Pak IAS dan satu kali dimenangkan kotak kosong," ungkap RP dalam diskusi tersebut.

Anggota DPRD Sulsel terpilih ini pun masih optimis, dua kekuatan klan tersebut bakal kembali muncul pada Pilwalkot Makassar 2020. Bahkan dia menuturkan dalam situasi tertentu, klan baru bisa muncul dari kalangan pemerintahan saat ini.

Pengamat politik Sulsel, Andi Luhur Aprianto mengamini pernyataan Rahman Pina. Dia menuturkan, bahwa klan IAS dan YL masih cukup kuat dalam pertarungan politik di Sulsel, khususnya di Makassar.

"Pengaruh klan dan keluarga masih sangat penting. Bahkan pengaruhnya masih sangat besar sejauh ini. Dan hal ini harus diperhatikan bagi para figur yang mau berkontestasi," ucap Luhur yang juga menjadi pembicara.

Buktinya kata Luhur, sejauh ini beberapa figur Wali Kota Makassar telah menjalin komunikasi dengan salah satu klan. Baik itu figur pendatang baru, maupun wajah lama yang berniat untuk maju.

"Sudah ada 16 calon yang ketemu sama pak Ilham. Dalam pembacaan kita, bahwa 16 calon ini seolah merasa bahwa pak Ilham masih punya kendali. Sehingga disimpulkan bahwa tokoh klan memang masih berpengaruh," tuturnya.

Sekadar diketahui, IAS adalah mantan Wali Kota Makassar. Salah satu orang dekat IAS yang akan maju di Pilwalkot Makassar adalah Aliyah Mustika Ilham, yang tidak lain adalah isterinya sendiri. Aliyah punya modal besar, karena merupakan anggota DPR RI selama dua periode.

Sementara gerbong YL yang akan bertarung di Pilwalkot Makassar 2020 adalah Irman Yasin Limpo. Irman, atau kerap disapa None ini, juga pernah bertarung di event sama pada tahun 2014. Saat itu, perolehan suaranya signifikan. None berada di peringkat kedua.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif