alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Polisi Petakan Pengamanan 200 Raja Selama di Palopo

Chaeruddin
Polisi Petakan Pengamanan 200 Raja Selama di Palopo
Jajaran Polres Palopo menggelar rapat tertutup dengan panitia Festival Keraton Nusantara (FKN) XIII ruang data Polres Palopo, Senin, (26/8/2019). Foto: Sindonews/Chaeruddin

PALOPO - Kepolisian Resor (Polres) Palopo telah melakukan pemetaan pengamanan untuk 200 raja yang akan hadir dalam acara Festival Keraton Nusantara (FKN) XIII di Kota Palopo, Sulsel. Selama sepekan kegiatan, mulai 7-13 September 2019, para raja dan delegasi dari berbagai negara dipastikan mendapatkan pengawalan ketat oleh aparat.

Polres Palopo membahas strategi pengamanan 200 raja bersama panitia FKN 2019 di Kota Palopo, Senin (26/8/2019). Kapolres Palopo, AKBP Ardiansyah, menyampaikan kepolisian memiliki tanggungjawab besar, khususnya untuk pengamanan, demi suksesnya penyelenggaraan FKN XIII yang dipusatkan di wilayah hukumnya.

"Tujuan rapat ini untuk menentukan kebutuhan yang akan kami lengkapi dan siapkan, dalam rangka amannya pelaksanaan FKN. Tidak bisa kita kesampingkan soal keamanan dalam acara ini, intinya pengamanan akan menjadi hal yang krusial. Makanya, harus kita matangkan dengan panitia." ucap dia, kepada SINDOnews, Senin (26/8/2019).



Polres Palopo dan panitia FKN XIII tidak hanya memetakan pengamanan 200 raja, tapi juga seluruh rangkaian kegiatan. Termasuk kehadiran ribuan peserta yang terdiri dari sejumlah kontingen. Ardiansyah menyebut pihaknya juga sudah membahas terkait titik yang kemungkinan menjadi destinasi para peserta selama pelaksanaan kegiatan.

"Mulai kedatangan tamu harus kami pantau. Setiap rombongan bahkan rencananya akan siapkan patwal sendiri. Satuan Lalu Lintas (Polres Palopo) sudah menyiapkan patwal untuk mengawal para raja hingga ke tempat tujuan dan kembali ke penginapan," kata Ardiansyah.

"Jangan sampai ada raja-raja yang ingin berkeliling Palopo tanpa pengawalan, ini tetap harus dalam pantauan kami. Jadi sekitar 200-an raja ditambah kontingen sekitar 5.000-an peserta itu bukan jumlah yang sedikit. Olehnya itu, kami tetap akan meminta BKO dari polres tetangga bahkan dari Polda Sulsel," tambahnya.

Kalau pun patwal nantinya tidak mencukupi, Ardiansyah menyampaikan agar seluruh LO harus benar-benar bisa berkomunikasi aktif dengan Polres Palopo agar mobilitas tamu undangan semuanya terkawal dengan baik.

Sebelum pelaksanaan FKN XIII dimulai, Polres Palopo juga akan menyiapkan personel di titik rawan dan titik macet, termasuk di seluruh hotel tempat para raja menginap. "FKN ini merupakan agenda nasional yang harus kita sukseskan bersama-sama. Kami sendiri akan berkoordinasi dengan Polda Sulsel untuk selanjutnya dikoordinasikan ke Mabes Polri terkait pengawalan acara ini," ujarnya.

Sekretaris Panitia, Dr. Suaedi, saat dikonfirmasi SINDOnews, menyampaikan raja-raja yang sudah mengkonfirmasi kehadiran mereka sekira 200-an orang, termasuk sejumlah gubernur, bupati dan wali kota se-Indonesia.

"Untuk kehadirian Pak Jokowi dan sejumlah menteri panitia belum bisa kita pastikan ya. Harapan kita demikian, Presiden Jokowi dan sejumlah menteri bisa hadir di acara FKN XIII," kuncinya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook