alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Proyek Anti Banjir Pemprov Sulsel Diresmikan September

Syachrul Arsyad
Proyek Anti Banjir Pemprov Sulsel Diresmikan September
Tampak proyek aqua pond di halaman depan kantor Gubernur Sulsel, Makassar, beberapa waktu lalu. Pemerintah Provinsi membangun proyek ini untuk mengatasi banjir yang sudah jadi langganan di depan kantor Gubernur Sulsel. Foto: SINDOnews/Muctamir Zaide

MAKASSAR - Proyek anti banjir atau kolam retensi (aquapond) yang sementara dibangun di kawasan kantor Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) memasuki tahap penyelesaian. Rencananya proyek ini akan diresmikan bulan September mendatang.

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang (SDA-CKTR) Sulsel, Andi Darmawan Bintang mengatakan, progres pembangunan aqua pond ini sudah di atas 90 persen. Penyelesaiannya dipastikan bakal sesuai waktu yang direncanakan sebelumnya.

“Fisiknya sudah mendekati finish. Sesuai rencana memang September proyeksi selesai," ujar Darmawan kepada SINDOnews, belum lama ini.



Dikatakan, proyek aqua pond merupakan hasil kerja sama Pemprov Sulsel dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) melalui hibah percontohan sebagai program penanggulangan banjir.

Dengan begitu, lanjut dia, rencananya pihak JICA sendiri yang juga akan berkoordinasi dengam Gubernur Sulsel untuk bisa meresmikan proyek itu.

“Rencananya akan dilakukan pembukaan peresmian. Saya bicara sama pihak JICA, itu katanya mau diresmikan minggu pertama September. Mereka akan menyurat kepada pak gubernur untuk prosesnya," ucapnya.

Diketahui pembangunan kolam retensi ini berukuran 8x70x2 meter, dan kapasitas tampungan hingga 1.000 kubik air. Sensor level air yang dipasang di kolam akan mendeteksi curah hujan setiap 10 menit.

Sensor itu nantinya akan mengirimkan data terus menerus ke sistem yang terpasang. Dari layar monitor perkembangan kondisi hujan bisa terpantau secara up to date.

Proyek hibah senilai Rp19,4 miliar itu juga bakal dilengkapi dua pompa. Masing-masing satu pompa untuk mengisap air dari jalan ke penampungan, dan lainnya untuk mendorong air ke Sungai Pampang, melalui saluran drainase.

Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah juga berharap besar akan proyek ini sebagai pilot project di Sulsel. Pembangunan aqua ponda bisa mengatasi genangan air yamg selama ini dikeluhkan masyarakat saat musim hujan di depan kantor Gubernur Sulsel, jalan Urip Sumaoharjo.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif