KNPI Sulsel Lakukan Trauma Healing ke Anak-anak Korban Gempa Sulbar

Senin, 18 Januari 2021 - 17:48 WIB
loading...
KNPI Sulsel Lakukan Trauma Healing ke Anak-anak Korban Gempa Sulbar
KNPI Sulsel melakukan upaya penyembuhan trauma kepada anak-anak korban gempa di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat. Foto: SINDOnews/Chaeruddin
A A A
MAMUJU - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan upaya penyembuhan trauma ( trauma healing ) terhadap anak-anak korban gempa di Mamuju dan Majene , Sulawesi Barat (Sulbar).

Ketua KNPI Sulsel , Andi Muhammad Arham Basmin menyampaikan, gempa yang mengguncang Sulbar Jumat dini hari pekan lalu, tentu saja masih meninggalkan trauma mendalam bagi masyarakat, utamanya anak-anak.



Menurutnya, ada kemungkinan masyarakat takut, mengalami tekanan batin atau trauma untuk kembali ke rumahnya.

"Sehingga kondisi ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. KNPI Sulsel memberikan trauma healing dengan harapan anak-anak korban bencana bisa kembali melanjutkan kehidupannya tanpa dihantui rasa takut," ujarnya.

Arham menyebutkan, ada banyak cara yang bisa ditempuh dalam melakukan trauma healing , utamanya pada anak-anak, salah satunya dengan play therapy.



"Lewat metode ini, anak-anak diajak untuk mengatasi traumanya melalui media permainan seperti ini yang dilakukan teman-teman relawan kemanusiaan KNPI Sulsel di Sulbar saat ini," katanya.

Dengan mengajak anak-anak bermain, bisa membantu mengalihkan fokus mereka dari situasi tidak kondusif menjadi menerima situasi yang sedang mereka hadapi saat ini.

Untuk diketahui, KNPI Sulsel sejak 16 Januari lalu mengirim dua lembaga kemanusiaan di bawah naungannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2538 seconds (0.1#10.140)