Bantu Korban Gempa, Rumah Sakit Terapung TNI AL Tiba Mamuju

Selasa, 19 Januari 2021 - 10:45 WIB
loading...
Bantu Korban Gempa, Rumah Sakit Terapung TNI AL Tiba Mamuju
Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dr Soeharso-990 (SHS-990) tiba di Mamuju dengan tenaga medis untuk membantu para korban gempa bumi di Sulbar. Foto: Istimewa
A A A
MAMUJU - Kapal rumah sakit TNI AL atau kapal perang Republik Indonesia (KRI) dr Soeharso-990 (SHS-990) dari Komando Armada II (Koarmada II), telah sandar di Dermaga Lanal Mamuju Jalan Arteri Kelurahan Rangas Kecamatan Simboro Mamuju Sulbar, Selasa, (19/01/2021).

Pada misi kemanusian di Mamuju, KRI SHS-990 didukung dua helikopter yang berguna untuk mengangkut korban gempa yang tidak terjangkau dan membawa 160 personel terdiri dari ABK KRI 94 orang dan Tim Satgas 56 Orang.

Saat KRI SHS-990 tiba di dermaga Lanal Mamuju, tersebut hadir dalam penyambutan Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI (Danlantamal) VI Makassar Laksamana Pertama TNI Benny Sukandari, sejumlah pejabat Lantamal VI dan Lanal Mamuju serta beberapa personel Satgas Penanggulangan Bencana Alam Provinsi Sulbar Lantamal VI Makassar.

Baca Juga: Pakai Kapal TNI, PLN Kirim Trafo dari Surabaya ke Mamuju

Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI (Danlantamal) VI Makassar Laksamana Pertama TNI Benny Sukandari mengatakan, KRI SHS-990 telah sandar di dermaga Lanal Mamuju dalam rangka Satgas Penanggulangan Bencana Alam di Sulawesi Barat.

Rumah sakit apung TNI AL ini kata dia, tidak hanya membawa obat-obatan dan tenaga medis, namun juga bahan kebutuhan pokok serta peralatan listrik.

“Akan disiapkan di sini sampai waktu tertentu serta digunakan untuk pelayanan kepada masyarakat Sulawesi Barat yang terkena musibah,” jelas Danlantamal VI.

Lebih lanjut dikatakan, bahan bantuan yang dibawa KRI SHS-990 , di antaranya dikumpulkan dari Pangkoarmada ll, Dispotmar, Diskes Koarmada II, Dopusbektim, Spotmar, Disharkap, Dismat, Dispsial, Dismatbek, PT Lautan Berlian Nusantara, PLN, Moro Cakra dan dari Lantamal V Surabaya.



Ia menjelaskan lagi bahwa di kapal rumah sakit TNI AL tersebut, bisa dilaksanakan operasi kecil bahkan sampai operasi berat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2362 seconds (0.1#10.140)