alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Daftar Peraih Podium MotoGP Terbanyak Sepanjang Masa: Rossi Masih Raja

Sindonews
Daftar Peraih Podium MotoGP Terbanyak Sepanjang Masa: Rossi Masih Raja
Pembalap MotoGP kelas utama saat berfoto peringatan pertama kalinya balapan MotoGP dilakukan 70 tahun lalu. Foto: Instagram

MAKASSAR - Kejuaraan Dunia MotoGP telah dimulai sejak 1949 hingga saat ini. Sejak dimulai pertama kali, sejumlah nama sudah bermunculan sebagai pemilik gelar juara dunia kelas tertinggi di kompetisi ini.

Saat ini, Giacomo Agostini masih menjadi rider dengan gelar juara dunia terbanyak sepanjang masa, dengan 15 kali juara. Pembalap Italia ini meraih delapan kali juara di kelas GP500 yang sekarang menjadi kelas MotoGP dan tujuh kali di kelas 350 cc yang terakhir dibuka tahun 1982.

Sejauh ini satu-satunya pembalap yang masih aktif dan mendekati Giaccomo adalah Valentino Rossi dengan sembilan kali gelar juara dunia. Sementara Marc Marquez saat ini mengoleksi tujuh gelar juara dunia, masing-masing satu di kelas 125 cc, satu gelar Moto2, dan lima gelar MotoGP.



Namun dari sisi pencapaian jumlah podium, rekor Giacomo sudah dilampaui oleh beberapa pembalap yang masih aktif saat ini.

Rossi masih merajai status pembalap dengan podium terbanyak, yakni 198. Disusul mantan rekan setimnya, Jorge Lorenzo 114 podium. Sementara Marquez berhasil menyamai jumlah podium Giacomo dengan 88 podium.

Marquez menyamai catatan podium legenda hidup Giacomo Agostini setelah pembalap tim Repsol Honda itu menyelesaikan balapan seri 12 di Grand Prix Inggris 2019 dengan berada di podium kedua, Minggu (25/8/2019).

Berikut daftar 10 pembalap dengan peraih podium terbanyak sepanjang masa:

1. Valentino Rossi 198
2. Jorge Lorenzo 114
3. Dani Pedrosa 112
4. Mick Doohan 95
5. Marc Márquez 88
6. Giacomo Agostini 88
7. Eddie Lawson 78
8. Casey Stoner 69
9. Wayne Rainey 64
10. Max Biaggi 58



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif