Jalan Rusak dan Over Kapasitas Picu Lakalantas di Enrekang

Selasa, 19 Januari 2021 - 17:24 WIB
loading...
Jalan Rusak dan Over Kapasitas Picu Lakalantas di Enrekang
Kecelakaan lalu lintas yang membuat mobil truk terbalik terjadi di Jalan Poros Enrekang beberapa waktu lalu. Foto: Istimewa
A A A
ENREKANG - Jalan rusak di sejumlah titik dan banyaknya kendaraan over kapasitas, dinilai jadi pemicu kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di Jalan Poros Enrekang.

Hal ini disampaikan Kasatlantas Polres Enrekang Iptu Muh Althof Zainudin. Bahkan ia mengingatkan agar truk-truk yang mengangkut muatan tidak over kapasitas.

Selain itu, dirinya telah memerintahkan anggotanya untuk melakukan aksi tilang, kepada kendaraan yang over kapasitas karena dinilai berbahaya. Itu dilakukan menyusul maraknya kecelakaan lalu lintas dalam tiga hari terakhir di wilayah Enrekang.



"Kita akan patroli dan sweeping truk over kapasitas. Karena itu, juga menjadi dugaan penyebab truk terbalik pada sejumlah lokasi di Enrekang. Muatan lebih banyak dari yang seharusnya hanya karna ingin berhemat biaya pengangkutannya," ujar Muh Althof, Selasa, (19/01/2021).

Selain terkait muatan over kapasitas, Kasatlantas juga akan berkoordinasi dengan pemerintah bagaimana memberikan perhatian kepada jalan di Enrekang yang dinilai rusak parah.

"Jalan yang rusak parah juga tak bisa dipungkiri menjadi pemicu kecelakaan . Makanya dalam waktu dekat akan kami koordinasikan ke Pemerintah," Tambah Muh Althof.

Berdasarkan data dari pihak lantas Enrekang ada tiga mobil truk terbalik dalam tiga hari terakhir dalam wilayah Kabupaten Enrekang. Pertama pada Minggu 17 Januari 2021, truk yang mengangkut bawang merah terbalik di Keppe Kelurahan Galonta Kecamatan Enrekang, Poros Enrekang-Sidrap. Pada Senin, (18/012021), truk yang mengangkut bawang merah juga terbalik di Karrang, kecamatan Cendana, Enrekang.



Kemudian di Jalan Poros Enrekang-Sidrap. juga terjadi lagi truk pengangkut sayuran terbalik di Mendatte Kecamatan Anggeraja Enrekang, Poros Enrekang-Toraja.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.5118 seconds (0.1#10.140)