alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bukan Ronaldo atau Messi, Bek Liverpool Ini Pemain Terbaik Eropa

Susanto
Bukan Ronaldo atau Messi, Bek Liverpool Ini Pemain Terbaik Eropa
Bek Liverpool Virgil Van Dijk dinobatkan menjadi pemain terbaik Eropa 2018/2019, mengalahkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Foto: Valery HACHE/AFP

MONACO - Bek Liverpool, Virgil van Dijk, dinobatkan menjadi pemain terbaik UEFA 2018/2019. Pemain bertahan asal Belanda itu merebut trofi individu paling bergengsi di Eropa setelah mengalahkan Cristiano Ronaldo maupun Lionel Messi.

Van Dijk terpilih sebagai pemain terbaik Eropa berkat kerja kerasnya mengantar Liverpool memenangkan trofi Liga Champions 2018/2019 di Madrid. Menurut statistik Opta Joe, Van Dijk tidak pernah berhasil dilewati oleh pemain lawan secara langsung.

Gelar pemain terbaik UEFA ini sekaligus melengkapi penghargaan yang diraih Van Dijk sebagai bek terbaik musim lalu. Bek 28 tahun itu menjadi pemain Liverpool kedua yang meraih penghargaan serupa setelah Steven Gerrard pada tahun 2005. Kala itu Gerrard juga sukses membawa Liverpool meraih trofi Si Kuping Besar -julukan bagi trofi Liga Champions.



Menurut catatan UEFA, sejak penghargaan itu diberikan pada pemain pada 1997/1998, Virgil van Dijk menjadi pemain bertahan pertama yang meraihnya. Gelar itu biasanya jatuh ke tangan seorang striker, gelandang atau penjaga gawang.

Tahun lalu gelar Pemain Terbaik UEFA jatuh ke tangan Luka Modric (Real Madrid). Namun, Cristiano Ronaldo masih tercatat sebagai pemain paling banyak meraih gelar tersebut, yang direbutnya pada tahun 2014, 2016, dan 2017.

"Ini pencapaian yang sangat luar biasa. Saya berterima kasih kepada Tuhan, kepada semua orang yang terus memberikan dukungan kepada saya. Klub, rekan-rekan di Liverpool, suporter, keluarga, sahabat, saya mengucapkan terima kasih," kata Van Dijk usai menerima penghargaan.

Penghargaan Pemain Terbaik UEFA digelar setelah pengundian babak penyisihan grup Liga Champions 2019/2020 di Monaco.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook