alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dari Tulang Patah Hingga Sakit Gigi Bisa Sembuh dengan Batang Ini

Sri S Syam
Dari Tulang Patah Hingga Sakit Gigi Bisa Sembuh dengan Batang Ini
Batang patah tulang sering dimanfaatkan sebagai obat penyakit kulit dan bahkan dipercaya mengobati patah tulang. Foto : Istimewa

MAKASSAR - Tanaman bernama patah tulang mengandung getah berwarna putih susu. getah ini mengandung euphorbone taraksasterol, alaktucerol, euplol, zat karet dan juga zat pahit. kandungan semacam ini membuat batang patah tulang sering dimanfaatkan sebagai obat penyakit kulit dan bahkan dipercaya mengobati patah tulang.

Selain itu, tanaman ini memiliki khasiat lain yang tak kalah mengagumkan, seperti diurai di bawah ini. Namun sangat perlu diperhatikan, getah tanaman ini berbahaya bagi mata dapat menyebabkan kebutaan. Bila getah masuk ke mata cepat bilas dengan air kelapa atau santan. 

1. Tertusuk Kaca atau Duri
Caranya bagian tubuh atau kulit yang tertusuk duri atau kaca kita olesi dengan getah tanaman patah tulang. Getah tanaman patah tulang dapat mengeluarkan duri atau kaca dengan sendirinya.



2. Tulang Patah
Bagi yang mengalami patah tulang atau fraktur dapat menggunakan tanaman ini dengan beberapa cara yaitu. Kulit di atas tulang yang patah digosok dengan getah tanaman patah tulang. Kulit luar dahan tanaman patah tulang digiling halus, tempelkan di atas tulang yang patah, kemudian dibalut. Cara lain yakni, 3/4 genggam tangkai dan daun tanaman patah tulang digiling halus bersama 1 genggam daun srigi. Remas dengan 4 sendok air garam, dihangatkan sebentar. Dipakai untuk menurap bagian tubuh yang patah, lalu dibalut dengan daun bakung/kulit randu. Diganti 2 kali sehari.

3. Kapalan atau Kutilan
Caranya ambil 1/2 dahan dan ranting tanaman patah tulang. Setelah dicuci bersih, rebus dengan 4 liter air sampai airnya berkurang menjadi 2 liter. Bagian tubuh atau kulit yang mengalami kutil atau kapalan direndam dalam air rebusan tanaman patah tulang tadi dalam keadaan hangat selama kurang lebih 1/2 jam. Setelah dikeringkan, oleskan param yang terbuat dari trusi yang telah ditumbuk halus dicampur putih telur lalu dibalut.

4. Sakit Gigi
Caranya adalah dengan meneteskan getah tanaman patah tulang pada bagian gigi yang sakit, lakukan 2 kali sehari. Namun perhatikan, jangan sampai tertelan karena getah tanaman ini mengandung racun yang bisa menyebabkan mual, muntah dan sakit kepala.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif