alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jabatan 25 Kades Berakhir Desember, DPMD Pangkep Belum Jadwalkan Pilkades

Muhammad Subhan
Jabatan 25 Kades Berakhir Desember, DPMD Pangkep Belum Jadwalkan Pilkades
DPMD Pangkep Belum Jadwalkan Pilkades, sekalipun 25 Kades akan berakhir jabatannya pada Desember mendata. Foto: SINDOnews/Ilustrasi

PANGKEP - Pemerintah Kabupaten Pangkep belum menjadwal pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak. Padahal, akhir tahun ini, periode jabatan 25 Kades berakhir.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pangkep, Dzulfadli.

Ia mengatakan, hingga saat ini, belum ada rencana maupun persiapan pagelaran Pilkades serentak tersebut. Dalam APBD Perubahan pun, kegiatan yang ditaksir membutuhkan biaya Rp750 juta tersebut juga tak dianggarkan.



Dzulfadli juga mengakui bahwa dalam Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun 2020 juga tak ada anggaran Pilkades.

"Tidak ada. Mudah-mudahan dalam pembahasan anggaran nanti ditambahkan dananya DPMD khusus untuk Pilkades," jelas Dzulfadli, Jumat (30/8/2019).

Menanggapi itu, Kepala Desa Kassiloe yang juga Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Pangkep, Amiruddin mengungkapkan, para kades menginginkan agar Pilkades bisa terlaksana akhir tahun ini.

Belum adanya kepastian pelaksanaan Pilkades, membuat para kades juga meminta agar ada kebijakan pimpinan agar proses pelaksanaan Pilkades serentak dilaksanakan tahun ini.

"Harapan dari semua teman-teman kepala desa yang akan berakhir masa jabatannya Desember mendatang agar Pilkades dilaksanakan pada akhir tahun ini," ungkapnya.

Meski berharap Pilkades tahun ini, tetap menyerahkan pada aturan dan mekanisme yang ada.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook