alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Erdogan Sebut Negosiasi Pembelian Jet Tempur Rusia Sedang Berlangsung

Agus Nyomba
Erdogan Sebut Negosiasi Pembelian Jet Tempur Rusia Sedang Berlangsung
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut jika pihaknya sementara melakukan negosiasi pembelian jet tempur Rusia. Foto: Istimewa

MOSKOW - Rusia dan Turki sedang mendiskusikan kemungkinan pengiriman pesawat tempur siluman Su-35 atau Su-57 Rusia. Terlebih Ankara menyatakan minat besar terhadap pembelian ini.

Hal tersebut dilaporkan oleh layanan kerjasama militer-teknis federal Rusia, menyusul kunjungan Erdogan ke Moskow.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah mengkonfirmasi bahwa, Ankara sedang dalam pembicaraan dengan Moskow untuk membeli pesawat tempur Su-57. Dia menambahkan bahwa dia yakin akan ada lebih banyak bisnis dengan Rusia di masa depan.



"Negosiasi [pada Su-57] sedang berlangsung, dan mereka akan terus berlanjut. Perwakilan dari kementerian kami tetap di Rusia setelah MAKS-2019, dan mereka bekerja di sana," kata Erdogan seperti dilansir dari Sputnik, Jumat, (30/08/2019).

"Kami akan bertindak, setelah meletakkan di meja perundingan kondisi kami dengan pinjaman dan produksi bersama. Jika Amerika Serikat tidak mengubah pendirian [tentang pengiriman kapal perusak F-35], kami akan mencari jalan keluar dari situasi ini," lanjutnya.

Pernyataan itu muncul setelah Layanan Federal Rusia untuk Kerja Sama Teknis-Militer melaporkan bahwa Erdogan juga menyatakan minat pada jet tempur MiG-35 terbaru Rusia, serta mendiskusikan kemungkinan pembelian pesawat tempur Su-35 Rusia atau Su-57.

Erdogan menghadiri pertunjukan udara MAKS-2019 di luar Moskow bersama dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada 27 Agustus.

Pesawat jet tempur generasi kelima Su-57, yang sebelumnya dikenal sebagai Prospective Airborne Complex of Frontline Aviation (PAK FA), adalah sebuah pesawat stealth "stealth" berkapasitas dua mesin bermesin ganda yang dirancang untuk superioritas udara dan peran serangan.

Ini dilengkapi dengan sistem avionik canggih dan radar array bertahap aktif di udara serta berbagai persenjataan presisi tinggi. Jet melakukan penerbangan perdananya pada tahun 2010 dan pesawat produksi pertama diharapkan akan dikirim pada tahun 2019 dengan yang kedua untuk mengikuti pada tahun 2020.

Amerika Serikat mengumumkan pada Juli keputusannya untuk menangguhkan partisipasi Turki dalam program F-35 atas pembelian sistem pertahanan udara S-400 buatan S-400 buatan Rusia, menambahkan bahwa negara itu akan sepenuhnya dihapus dari proyek pada akhir Maret 2020.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook