Workshop OBE Usai, Persiapan UMI untuk Akreditasi Internasional Makin Mantap

Rabu, 20 Januari 2021 - 17:01 WIB
loading...
Workshop OBE Usai, Persiapan UMI untuk Akreditasi Internasional Makin Mantap
Suasana kampus UMI. Pihak kampus telah selesai menggelar workshop penyusunan kurikulum berbasis OBE (otcomes based education) untuk mencapai akreditasi internasional. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Persiapan Universitas Muslim Indonesia (UMI) menuju akreditasi program studi berkelas internasional makin mantap. Berbagai persiapan dan tahapan telah dilalui.

Ini terlihat usai pagelaran workshop kurikulum berbasis outcomes based education (OBE) hari ini, Rabu (20/1/2021). Kegiatan yang berlangsung secara virtual ini dipusatkan di lantai 9 menara UMI Jalan Urip Sumohardjo, Makassar.



Workshop ilmiah yang menghadirkan akademisi Institut Teknologi Bandung (ITB) , Pepen Arifin ini telah berlangsung sejak 4 Desember 2020. Peserta terdiri atas para ketua prodi, sekertaris prodi, penanggung jawab sistem mutu fakultas dan seluruh tim penyusun kurikulum prodi lingkup UMI .

Saat acara penutupan, Rektor UMI yang diwakili Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr H Hanafi Ashad mengatakan, dalam beberapa waktu ke depan pascakegiatan wokshop, UMI akan melakukan evaluasi kesiapan menuju akreditasi internasional yang berbasis OBE.



“Saya berharap setalah ini ada evaluasi yang dilakukan oleh LPM untuk memantau perkembangan. Sehingga demikian, pihak universitas benar-benar bisa menjamin bahwa capaian dari workshop ini benar kita terima,” ungkap Hanafi.

“Dan selanjutnya akan terus kita lakukan pemantauan bahkan bila dipandang perlu, akan diambil sebuah kebijakan yan mengawal untuk tercapaianya kurikulum berbasis OBE ini,” sambung Mantan Dekan Fakultas Teknik UMI dua periode tersebut.

Sementara itu, selaku penanggung jawab penyelenggara kegiatan, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UMI , Prof Abdul Makhsud memastikan, jika pihaknya akan melakukan pengawalan secara maksimal kepada setiap prodi.



“Seperti yang disampaikan oleh pak WR 1, dari awal pak Rektor mendukung penghargaan kepada teman-teman yang sudah berhasil menyusun sistem berbasis OBE ini. Kemudian kami akan melakukan pemantauan mana prodi yang kita anggap sudah memenuhi syarat untuk kita implementasikan ke depan,” papar Prof Makhsud.

UMI menargetkan dalam beberapa waktu ke depan, akan da prodi yang diajukan untuk dilakukan assessment akreditasi internasional, tambah alumni Fakultas Teknik UMI ini
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5950 seconds (0.1#10.140)