alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kosmetik Ilegal dari Sulsel Dipasarkan ke Sultra hingga Papua

Faisal Mustafa
Kosmetik Ilegal dari Sulsel Dipasarkan ke Sultra hingga Papua
Kosmetik ilegal dari Sulsel banyak dipasarkan ke luar provinsi, seperti Sultra dan Papua. Foto: SINDOnews/Faisal Mustafa

MAKASSAR - Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Indratmoko, mengungkapkan pihaknya terus mendalami pengungkapan kasus kosmetik ilegal. Dalam sebulan terakhir ini, polisi dua kali membongkar kasus serupa. Pertama, pabrik rumahan kosmetik ilegal di sebuah rumah elite. Kedua, gudang bahan baku serta toko kosmetik ilegal di kawasan Pasar Terong.

Dalam kasus teranyar yang diungkap Jumat (30/8) kemarin, Indratmoko menyebut kosmetik ilegal maupun bahan baku yang ditemukan di Sulsel dipasarkan hingga ke luar provinsi. "Kalau dari pengakuan pelaku sudah setahun lebih dan diedarkan di Sulsel, ada juga di Sultra, bahkan ke Papua," kata dia, kepada SINDOnews, Sabtu (31/8).

Dalam penggerebekan itu, polisi mengamankan tiga pelaku serta seribuan item kosmetik ilegal yang terdiri dari 14 merek. Adapun pelaku adalah para pemilik gudang dan toko sekaligus kosmetik ilegal yakni dua laki-laki berinisial HT dan AK serta seorang ibu rumah tangga berinisial HF.



Indramotko mengaku belum menghitung jumlah pasti dan perkiraan nilai kosmetik ilegal tersebut. Yang pasti, taksirannya mencapai ratusan juta rupiah melihat banyaknya temuan.

Lebih jauh, ia menjelaskan penggerebekan di salah satu pasar tradisional terbesar di Kota Makassar ini merupakan hasil dari pengembangan kasus. Dimana sebelumnya petugas menemukan home industry yang memproduksi kosmetik ilegal kawasan perumahan elite, Jalan Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar.

“Awal pengungkapan ini dari informasi masyarakat dan juga hasil tim siber kami yang memantau dari sosial media kami temukan ada peredaran kosmetik diduga ilegal, ini juga pengembangan yang Tanjung Bunga. Inilah bahan bakunya dari sini (pasar terong) ini masih kita kembangkan lagi untuk cari pemasok utamanya," pungkasnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook